Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Empat Kali Kalah Nyapres, Politisi Veteran Kenya Raila Odinga Gandeng Wakil Perempuan di Pilpres 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 06 Juni 2022, 16:01 WIB
Empat Kali Kalah Nyapres, Politisi Veteran Kenya Raila Odinga Gandeng  Wakil Perempuan di Pilpres 2022
Politisi veteran Kenya Raila Odinga/Net
rmol news logo Politisi veteran Kenya Raila Odinga resmi menggandeng Martha Karua, seorang tokoh politik perempuan yang dijuluki 'wanita besi' sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan pada Agustus.

Untuk kelima kalinya, Odinga, yang pernah menjabat sebagai perdana menteri Kenya periode 2008-2018 mengumumkan pencalonan pada Senin (6/6) waktu setempat.

Jika pasangan itu memenangkan pemilu, Karua yang seorang pengacara dan mantan menteri kehakiman akan menjadi wakil presiden wanita pertama Kenya.

"Setelah konsultasi yang menegangkan, kami memutuskan bahwa pemegang jabatan ini harus perempuan," kata Odinga, seperti dikutip dari Africa News.

Karua, mantan kandidat presiden mendapatkan julukan 'wanita besi' saat ia naik melalui jajaran politik Kenya yang didominasi laki-laki.

"Sejarah memanggil kita untuk menutup kesenjangan gender di negara kita, tiba saatnya, datanglah wanita," kata Odinga, menggambarkan Karua sebagai reformis, pejuang dan pasangan yang aman.

Karua mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terhormat untuk menerima nominasi, menggambarkannya sebagai momen untuk wanita Kenya.

"Bersama-sama, kita akhirnya bisa menghidupkan mimpi yang tertunda," katanya kepada ribuan pendukung yang bersorak di ibu kota Nairobi.

Pengumuman itu muncul sehari setelah saingan Odinga, Wakil Presiden William Ruto, memilih seorang mantan ajudan yang berubah menjadi kritikus sengit terhadap Presiden Uhuru Kenyatta untuk menjadi pasangannya.

Rigathi Gachagua, yang menjabat sebagai asisten pribadi Kenyatta antara tahun 2001 dan 2006, dipilih setelah proses rahasia selama berbulan-bulan yang ditandai dengan lobi yang intens.

Pemilihan presiden Kenya tahun ini akan menjadi perlombaan dua kuda antara Ruto dan Odinga yang berusia 77 tahun, seorang mantan perdana menteri yang telah mendapatkan dukungan Kenyatta.

Kenyatta tidak dapat mencalonkan diri lagi untuk pemilihan ulang setelah menjabat maksimal dua periode. Sebagai andalan politik Kenya, Odinga tetap sangat populer meski kalah empat kali di kursi kepresidenan.

Setelah pertempuran pasca pemilihan pada tahun 2017 yang menewaskan puluhan orang, Kenyatta dan Odinga mengumumkan pemulihan hubungan, dengan mengatakan mereka berharap untuk mengakhiri siklus berulang kekerasan terkait pemilihan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA