Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ikuti Spring Friendship Art Festival, Jaya Suprana Dapat Penghargaan dari Korea Utara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 Juni 2022, 08:53 WIB
Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) atau Korea Utara memberikan penghargaan kepada Jaya Suprana Art Troupe atas partisipasinya dalam festival persahabatan Spring Friendship Art Festival ke-32 yang dilaksanakan pada 10-20 April 2022.

Penghargaan itu diberikan oleh Duta Besar RRDK untuk Indonesia An Kwang Il kepada Jaya Suprana pada Selasa (7/6) di Jaya Suprana School of Performing Arts di Mall of Indonesia, Jakarta Utara.

Pemberian penghargaan tersebut juga mendapatkan respons positif dari Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan dan Pertukaran Kebudayaan Indonesia-Korea, Teguh Santosa.

Dalam keterangannya, Teguh menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi Jaya Suprana dalam Spring Friendship Art Festival.

"Ini kegiatan rutin yang diselenggarakan Korea Utara yang dihadiri delegasi kesenian dari negara-negara sahabat. Kami berterima kasih atas kesediaan Pak Jaya berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pak Jaya merupakan salah satu figur penting dalam kampanye persahabatan dan perdamaian di Semenanjung Korea," kata Teguh.

Jaya Suprana dan istri, Aylawati, mengunjungi Pyongyang pada tahun 2017. Dalam kunjungan itu, Jaya Suprana menyaksikan dari dekat perkembangan Korea Utara umumnya, dan khususnya pendidikan keseniaan dan kebudayaan yang diajarkan kepada anak-anak Korea sejak usia dini.

Di tahun 2018, Jaya Suprana School of Performing Arts juga bekerja sama dengan Perhimpunan Persahabatan untuk menyelenggarakan Konser Perdamaian di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) yang menampilkan pianis muda dari Korea Utara, Choe Jang Hung.

Spring Friendship Art Festival sendiri memiliki makna dan sejarah tersendiri bagi Korea Utara. Di dalamnya melambangkan persahabatan, persatuan, pertukaran, dan kerjasama di antara para seniman dunia terhadap nilai kemerdekaan, perdamaian, dan persahabatan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, festival tahun ini dilakukan secara virtual, di mana para seniman memberikan penampilan melalui rekaman video yang dipertunjukkan di TV dan internet.

Totalnya terdapat 63 individu dan kelompok seniman dari 28 negara di dunia yang turut secara dalam festival.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA