Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bank Dunia Janjikan Rp 21 Triliun Tambahan untuk Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 Juni 2022, 13:26 WIB
Bank Dunia Janjikan Rp 21 Triliun Tambahan untuk Ukraina
Situasi Ukraina di tengah perang dengan Rusia/Net
Bank Dunia telah setuju untuk memberikan bantuan tambahan sebesar 1,49 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 21 triliun untuk Ukraina. Sehingga total bantuan yang dijanjikan mencapai lebih dari 4 miliar dolar AS.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (7/6), Bank Dunia mengatakan bantuan tersebut didukung oleh jaminan pembiayaan dari Inggris, Belanda, Lithuania, dan Latvia. Proyek ini juga didukung oleh Italia dan Dana Perwalian Multi-Donor yang baru.

Bank Dunia telah bekerja dengan negara-negara donor untuk menggunakan berbagai program pembiayaannya dalam mendukung perawatan kesehatan, pendidikan, layanan sosial, pasokan listrik dan air, serta jalan di Ukraina.

"Penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dalam kondisi saat ini di Ukraina, di luar penderitaan yang ditimbulkan karena perang," kata Direktur Bank Dunia untuk Eropa Timur, Arup Banerji, seperti dikutip Reuters.

Ukraina mengatakan membutuhkan setidaknya 5 miliar dolar AS per bulan dalam waktu dekat untuk menjaga pemerintahannya tetap beroperasi setelah dihantam invasi oleh Rusia pada Februari.

Kelompok ekonomi G7 juga telah menjanjikan sebesar 9,5 miliar dolar AS dalam bantuan ke Ukraina pada bulan lalu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA