Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia: Bola Ada di Tangan Ukraina Sejak Dua Bulan Lalu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 Juni 2022, 09:36 WIB
Rusia: Bola Ada di Tangan Ukraina Sejak Dua Bulan Lalu
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rusia selalu terbuka untuk melakukan pembicaraan damai dengan Ukraina, kapan saja.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov selama pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Rabu (8/6) menguraikan beberapa kendala dalam upaya perundingan dengan pihak Ukraina.

Ia menegaskan bahwa kesempatan untuk pertemuan antara Putin dan Zelensky akan muncul hanya setelah proses negosiasi antara Moskow dan Kiev dilanjutkan.

"Kami bersedia melanjutkan pertemuan dengan asumsi bahwa tim perunding telah melanjutkan pekerjaan mereka terlebih dahulu," ujar Lavrov, merujuk pada proposal negosiasi yang sampai saat ini belum mendapatkan respon sejak dikirimkan kepada pihak Ukraina sejak pertengah April lalu. Ia memandang pihak Ukraina tidak serius menanggapi upaya negosiasi.

"Zelensky (mengatakan) ingin bertemu demi upaya perdamaian. Tapi kemudian dia berubah pikiran, dan selalu begitu setiap hari, berubah-ubah," katanya, seperti dikutip dari TASS.

Sekarang, dimulainya kembali dialog tergantung pada posisi Kyiv.

"Bola telah berada di tangan Ukraina, bahkan hampir dua bulan lamanya," lanjut Lavrov.

Turki yang melihat adanya peluang untuk negosiasi antara Rusia dan Ukraina. Untuk itu Ankara menyatakan siap mengatur pertemuan dalam waktu dekat untuk membahas segala hal yang dibutuhkan, termasuk soal ekspor biji-bijian Ukraina yang terhambat.

Turki sejauh ini berdiri bersama kedua negara tanpa perlu memihak atau ikut menjatuhkan sanksi. Bagi Turki, mereka harus mempertahankan posisi yang seimbang dan tidak mencoba untuk menyenangkan salah satu pihak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA