Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berusia 100 Tahun, Wanita Italia Ini Masih Dianggap Layak Mengemudi dan Berhasil Memperbarui SIM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 Juni 2022, 10:54 WIB
Berusia 100 Tahun, Wanita Italia Ini Masih Dianggap Layak Mengemudi dan Berhasil Memperbarui SIM
Candida Uderzo dari Vicenza, Italia/Net
rmol news logo Di usianya yang menginjak 100 tahun, Candida Uderzo masih terlihat sehat dan enerjik. Ia juga masih dengan lincah mengendarai mobilnya sendiri saat bepergian.

Beberapa waktu lalu, wanita Italia ini memperbarui SIM-nya. Ia lolos dalam tes mata dan dianggap layak untuk berada di belakang kemudi

“Pembaruan ini membuat saya bahagia dan akan membuat saya merasa sedikit lebih bebas juga,” kata Uderzo, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (8/6). Ia mengatakan sangat beruntung dengan kehidupannya.

“Saya beruntung, saya berusia 100 tahun, dan menjadi sangat sehat juga merupakan kejutan bagi saya. Saya tidak pernah minum tablet, hanya pil tidur sesekali,” katanya dengan gembira.

Sebagai Centenarian, dia mengatakan penglihatannya sangat baik sehingga dia bisa membaca koran tanpa perlu kacamata.

Ia juga tidak pernah minta diantar saat harus pergi ike suatu tempat. Selain tidak mau memberatkan anak laki-lakinya, juga karena ia sangat menikmati masa tuanya yang sehat.

Uderzo mungkin menjadi centenarian ketiga di Italia yang mendapatkan lisensi mengemudi. Biasanya, ijin mengemudi dibatasoi hingga usia 80 dan diperbarui setiap dua tahun dengan pengemudi harus memberikan sertifikat medis untuk memastikan mereka sehat secara fisik dan mental.

Populasi centenarian Italia adalah salah satu yang tertinggi di Eropa dan jumlah orang yang mencapai usia lanjut terus meningkat menurut data yang dirilis pada awal Mei oleh Istat, badan statistik nasional.  Italia adalah rumah bagi 20.456 centenarian, naik dari 14.456 pada 2019.

Centenarian adalah seseorang yang telah hidup yang diyakini berumur 100 tahun. Pada 2012, PBB memperkirakan bahwa terdapat 316.600 centenarian yang hidup di seluruh dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA