Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Beri Peringatan kepada Penyusup di LCS: Tentara Pembebasan Rakyat Siap Bertindak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 Juni 2022, 06:08 WIB
China Beri Peringatan kepada Penyusup di LCS: Tentara Pembebasan Rakyat Siap Bertindak
Ilustrasi/Net
rmol news logo China membenarkan tindakan militernya untuk mencegat pesawat Australia di Laut China Selatan. Beijing mengklaim bahwa pesawat tempur PLA J-16 telah memberi peringatan kepada pesawat mata-mata Australia yang mencoba memasuki wilayah udara China di Kepulauan Xisha.

Kementerian Pertahanan China mengatakan, Komando Teater Selatan PLA mengorganisir pasukan maritim dan udara untuk mengidentifikasi dan memperingatkan sebuah pesawat P-8A ASW Australia, ketika berulang kali mendekati wilayah udara China di Kepulauan Xisha (Kepulauan Paracel) dengan jarak dekat.

Menurut Kementerian, pengintaian pertama terjadi pada  26 Mei dan terus berulang.

“Pesawat perang Australia sangat mengancam keamanan kedaulatan China, dan tindakan militer China dilakukan secara profesional, aman, masuk akal, dan sah,” ujar Tan Kefei, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China, dikutip dari Global Times.

"Australia terus menyebarkan informasi palsu dan menghebohkan konfrontasi. China sangat menentang ini," tambah Tan.

Tanggapan Beijing datang ketika Australia mengklaim jet tempur PLA J-16 memotong pesawat RAAF, mendarat di depan P-8 pada jarak yang sangat dekat.

Tan juga memperingatkan Australia untuk menghentikan gerakan provokatif yang berbahaya, dan membatasi tindakan angkatan laut dan udaranya, "atau akan menanggung konsekuensi yang serius," katanya.

Media pemerintah China itu dalam laporannya menuduh aliansi five eyes pimpinan AS melakukan trik baru untuk memprovokasi China. Sebuah artikel yang muncul di Global Times menyatakan bahwa data penerbangan membuktikan beberapa "pengintaian jarak dekat" seperti itu sedang dilakukan di Laut China Timur dan Laut China Selatan.

“PLA akan siap dalam hal mendeteksi mereka dan memperingatkan mereka dengan langkah-langkah teknis yang efektif,” tulis artikel itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA