Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hampir 20 Tahun Tidak Berfungsi, Baghdad Bakal Aktifkan Kembali Lampu Lalu Lintas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 Juni 2022, 07:58 WIB
Hampir 20 Tahun Tidak Berfungsi, Baghdad Bakal Aktifkan Kembali Lampu Lalu Lintas
Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi/Net
Setelah hampir dua dekade tidak berfungsi, lampu lalu lintas di ibu kota Irak, Baghdad akan kembali digunakan untuk mengatur arus kendaraan.

Sebagian besar lampu lalu lintas di beberapa jalan di Baghdad telah dihancurkan karena kekacauan dan kekerasan yang disebabkan oleh invasi AS ke Irak pada tahun 2003.

Beberapa lampu lalu lintas bekas luka peluru masih menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang disebabkan selama masa pendudukan.

Masalah lalu lintas harian di ibukota Irak yang padat penduduk telah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Banyak orang yang harus tiba di tempat kerja pada jam 9 pagi dan harus meninggalkan rumah mereka pada jam 5 atau 6 pagi karena masalah lalu lintas.

Tidak jarang terjadi perkelahian antara polisi lalu lintas dan pengemudi kendaraan akibat situasi jalanan yang kacau. Di beberapa bagian Baghdad, selain polisi lalu lintas, tentara juga mendirikan pos pemeriksaan dan ikut melakukan tugas mengatur lalu lintas.

Pekan lalu, Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi memerintahkan lampu lalu lintas untuk diaktifkan kembali dan sebagai tanggapan, Departemen Lalu Lintas Baghdad dan Kota Metropolitan juga mulai bekerja untuk mengaktifkan kembali lampu lalu lintas di ibu kota.

Instruksi perdana menteri mencakup kota-kota lain yang berafiliasi dengan pemerintah pusat.

Lampu lalu lintas di Baghdad sudah lama hilang. Lamanya sudah mencapai 19 tahun. Ini dikonfirmasi Tarek Ismail, kepala Departemen Lalu Lintas Irak kepada media Turki Anadolu Agency.

"Lampu lalu lintas tidak terlihat lagi sejak tahun 2003. Sebagai Departemen Lalu Lintas, kami berusaha untuk memastikan bahwa lampu lalu lintas di jalan-jalan berfungsi dengan baik. Kami berharap warga mematuhi keputusan ini," kata Ismail.

Menunjukkan bahwa hanya 87 dari 155 persimpangan di Baghdad yang dalam kondisi berfungsi, Ismail mengatakan semua lampu lainnya padam.

"Polisi lalu lintas di persimpangan dan jalan akan terus mengawasi dan mengatur masalah lalu lintas. Sebelumnya, hampir 10 lampu lalu lintas diperbaiki di seluruh Baghdad, tetapi kemudian menjadi tidak berfungsi karena kelalaian," katanya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA