Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lecehkan Pengikut Wanitanya, Pemimpin Gereja di Meksiko Dijeloskan ke Penjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 Juni 2022, 09:40 WIB
Lecehkan Pengikut Wanitanya, Pemimpin Gereja di Meksiko Dijeloskan ke Penjara
Naason Joaquin Garcia/Net
rmol news logo Pengadilan Tinggi Los Angeles mendakwa Naason Joaquin Garcia, seorang pemimpin gereja besar Meksiko dengan hukuman 16 tahun delapan bulan penjara karena terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap tiga gadis.

Garcia, pemimpin gereja La Luz del Mundo, yang dianggap sebagai “rasul” Yesus Kristus oleh lima juta pengikutnya di seluruh dunia, telah berjuang keras melawan tuduhan itu sampai dia tiba-tiba mengaku bersalah minggu lalu.

Jaksa mengatakan Garcia menggunakan pengaruh spiritualnya untuk berhubungan seks dengan beberapa pengikut wanita. Dia didakwa dengan 19 dakwaan yang mencakup tuduhan pemerkosaan anak.

Hakim Ronald Coen bahkan menyebut Garcia sebagai predator seksual.

“Tidak pernah berhenti membuat saya takjub dengan apa yang dilakukan orang atas nama agama dan berapa banyak nyawa yang dihancurkan dengan menyamar sebagai makhluk tertinggi,” kata Coen, seperti dikutip dari AP, Kamis (9/6).

Coen menolak permintaan para korban untuk menjatuhkan hukuman yang lebih berat, dengan mengatakan tangannya terikat oleh kesepakatan pembelaan.

Patricia Fusco, pengawas wakil jaksa agung, dengan berlinang air mata memuji para korban atas keberanian mereka dalam melawan García dan para pengikutnya yang setia yang telah berkumpul di sekelilingnya dan mempermalukan para wanita muda.

“Mereka mempercayainya. Mereka mengira dia pada dasarnya adalah Tuhan di Bumi,” kata Fusco tentang para korban.

“Kami tahu, tentu saja, dia bukan Tuhan. Bahkan tidak dekat. Siapa pun yang masih percaya bahwa dia adalah Tuhan terlibat dan mereka mendukung seorang penganiaya anak," katanya.

Jaksa mengatakan dia menggunakan kekuatan spiritualnya untuk berhubungan seks dengan pengikut wanita dan dibantu oleh orang lain di gereja yang merawat wanita dan memfasilitasi pelecehan.

Para korban perempuan mengatakan mereka disebut malaikat atau "angelistas", dan diberitahu bahwa mereka adalah milik García.

Mereka mengaku hanya mengenal kehidupan di gereja - berdoa tiga kali sehari - dan ketika mereka akhirnya menyalakan García, mereka mendapati diri mereka terisolasi dan menderita dalam kesunyian.

Beberapa anggota keluarga mereka sendiri tidak mempercayainya.

“Disebut murtad adalah yang terburuk dari yang terburuk dan Anda akan pergi ke neraka tidak peduli apa,” kata seorang korban dengan nama samaran Jane Doe, yang menangis sepanjang pernyataannya.

Kakek García mendirikan gereja Kristen fundamentalis yang berbasis di Guadalajara - yang dikenal dengan nama Inggrisnya, The Light of the World - pada tahun 1926.

García mengambil alih sebagai "rasul" setelah ayahnya, Samuel Joaquín Flores, meninggal pada tahun 2014.

Flores juga menjadi subjek tuduhan pelecehan seks anak pada tahun 1997, tetapi pihak berwenang di Meksiko tidak pernah mengajukan tuntutan pidana.

Gereja pimpinan Garcia telah mencoba untuk menumbuhkan citra yang taat hukum dan pekerja keras di Meksiko, di mana ia memiliki sekitar 1,8 juta pengikut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA