Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bantu Kurangi Derita Rakyat Afghanistan, Arab Saudi Kucurkan Hibah Rp 436 Miliar

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 Juni 2022, 14:46 WIB
Bantu Kurangi Derita Rakyat Afghanistan, Arab Saudi Kucurkan Hibah Rp 436 Miliar
Para pejabat berpose setelah Arab Saudi memberikan hibah senilai 30 juta dolar AS untuk mendukung Dana Perwalian Kemanusiaan Afghanistan, 9 Juni 2022/Net
Dilandasi rasa kepedulian atas nasib rakyat Afghanistan, Arab Saudi memberikan dana hibah senilai 30 juta dolar AS (sekitar 436,7 miliar rupiah) untuk mendukung Dana Perwalian Kemanusiaan Afghanistan.

Kantor Berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, Kamis (9/6), hibah tersebut, yang bekerja di bawah payung Bank Pembangunan Islam berkoordinasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), berada dalam konteks upaya kemanusiaan dan bantuan Kerajaan untuk negara-negara yang bersaudara dan bersahabat.

Ini bertujuan untuk membantu mengurangi penderitaan rakyat Afghanistan, membatasi kerusakan lebih lanjut dari situasi kemanusiaan, dan mencegah kemungkinan keruntuhan ekonomi – keruntuhan yang berpotensi berdampak pada stabilitas dan perdamaian regional dan internasional.

"Dukungan Kerajaan untuk berbagai proyek kemanusiaan, pendidikan kesehatan, dan keamanan pangan di Afghanistan selama beberapa dekade terakhir melebihi 266,5 juta dolar AS," lapor SPA.

Tariq Ali Bakheet, utusan OKI untuk Afghanistan, mengatakan kepada Al Arabiya bahwa dukungan yang diberikan oleh Arab Saudi ke Afghanistan adalah yang terbesar sejauh ini untuk dana tersebut.

Bakheet juga mengatakan bahwa OKI memiliki kantor di Afghanistan, menambahkan bahwa organisasi tersebut akan bekerja dalam koordinasi dengan Bank Pembangunan Islam melalui kantor ini untuk melaksanakan proyek-proyek kemanusiaan, terutama yang kesehatan dan pendidikan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA