Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kembali Tegaskan Tolak Kirim Senjata ke Ukraina, Orban: Hongaria Mendukung Pendanaan Perdamaian, Bukan Mendukung Biaya Perang

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 Juni 2022, 12:32 WIB
Kembali Tegaskan Tolak Kirim Senjata ke Ukraina, Orban: Hongaria Mendukung Pendanaan Perdamaian, Bukan Mendukung Biaya Perang
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban/Net
Hongaria tetap pada pendiriannya untuk tidak memasok senjata ke Ukraina. Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menegaskan lagi bahwa negaranya hanya akan mendukung pendanaan untuk perdamaian, bukan pendanaan untuk berperang.

"Pemerintah Hungaria, hampir satu-satunya di Eropa yang mengatakan bahwa perlu untuk mendukung perdamaian, bukan perang," katanya dalam wawancaranya dengan Radio Kossuth, Jumat (10/6), menambahkan bahwa Hongaria tidak mau ditarik ke dalan konflik Ukraina.

"Ukraina memiliki hak untuk membela diri," kata seperti dikutip dari AP.

Hongaria sejak awal berkomitmen untuk mendukung penyelesaian konflik lewat jalur diplomatik. Mengirim pasokan senjata ke Ukraina adalah bertentangan dengan komitmen itu.

"Jika Hongaria tidak mulai berbicara dengan suara damai dan tidak ada yang berbicara dengan suara ini, maka perdamaian tidak akan pernah datang," kata Orban.

Ia menyayangkan kabar yang tersiar bahwa pebisnis Barat tertarik menyumbangkan banyak hartanya untuk pasokan senjata ke Ukraina.

"Ada kalangan bisnis yang akan membiayai perang, misalnya George Soros,” ujarnya.

Soros adalah pengusaha AS kelahiran Hongaria yang dianggap sebagai penentang keras pemerintah Hongaria saat ini.

Orban menegaskan bahwa tindakan keras harus diambil terhadap "pembawa perang".
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA