Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ukraina Lanjutkan Ekspor Gandum, Buka Rute Lewat Polandia dan Rumania

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 13 Juni 2022, 12:39 WIB
Ukraina Lanjutkan Ekspor Gandum, Buka Rute Lewat Polandia dan Rumania
Ilustrasi/Net
Ukraina mulai melanjutkan ekspor gandumnya dengan membuka dua rute alternatif, yaitu melalui Polandia dan Rumania. Ekspor dilanjutkan di tengah krisis pangan global akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik mengatakan Ukraina sedang dalam pembicaraan dengan negara-negara Baltik untuk menambah koridor ketiga untuk ekspor pangan.

"Rute-rute itu tidak sempurna karena menciptakan kemacetan tertentu, tetapi kami melakukan yang terbaik untuk mengembangkan rute-rute itu untuk sementara waktu," ujar Senik di sela-sela Shangri-La Dialogue di Singapura pada Minggu (12/6).

Dalam pernyataannya Senik tidak memberikan rincian terkait berapa banyak gandum yang sudah atau akan diekspor melalui rute-rute tersebut.

Sistem kereta api Ukraina beroperasi pada ukuran yang berbeda dari tetangga Eropa mereka, seperti Polandia. Sehingga barang ekspor harus dipindahkan ke kereta yang berbeda di perbatasan di mana tidak ada banyak fasilitas transfer atau penyimpanan.

Rute ekspor gandum ke Rumania sendiri melibatkan transportasi dengan kereta api ke pelabuhan di sungai Danube, kemudian dimuat ke kargo di kapal tongkang untuk berlayar menuju pelabuhan Constanta. Secara keseluruhan, proses tersebut lebih rumit dan mahal.

Ukraina adalah pengekspor gandum terbesar keempat di dunia. Terdapat sekitar 30 juta ton gandum yang disimpan di wilayah yang dikuasai Ukraina yang coba diekspor melalui jalan darat, sungai dan kereta api.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA