Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kapal Berisi 18.000 Ton Jagung Ukraina Tiba di Spanyol Melalui Rute Baru

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Juni 2022, 06:28 WIB
Kapal Berisi 18.000 Ton Jagung Ukraina Tiba di Spanyol Melalui Rute Baru
Kapal berisi gandum Ukraina tiba di Pelabuhan Spanyol/Net
Kapal kargo berisi 18.000 ton jagung Ukraina tiba di pelabuhan Spanyol La Coruna melalui jalur ekspor baru.

Ini adalah kapal pertama yang membawa biji-bijian Ukraina yang dikirim melalui 'rute maritim baru' melintasi Laut Baltik untuk menghindari blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina di Laut Hitam.

Kapal kargo Alppila berbendera Finlandia tiba di pelabuhan Spanyol pada Senin pagi (13/6) dan akan diturunkan pada Selasa, menurut laporan kantor pers pelabuhan, dikutip dari CNN.

Asosiasi produsen makanan Agafac mengatakan bahwa itu adalah pertama kalinya rute seperti itu digunakan untuk gandum Ukraina.

Agafac, produsen pakan ternak regional Galicia, mengatakan gandum pesanannya itu telah diangkut dengan truk ke pelabuhan Swinoujscie di Polandia barat laut di tepi Laut Baltik. Kemudian menuju Brunsbuettel di Jerman utara sebelum menuju Spanyol.

"Sejumlah kecil jagung telah meninggalkan Ukraina barat dengan truk ke Polandia dan Rumania. Jagung yang tiba di Spanyol dimuat ke sebuah kapal di pelabuhan Swinoujscie di Laut Baltik Polandia," isi pernyataan Agafac.

Dmytro Senik, wakil menteri luar negeri Ukraina, mengatakan sebelumnya bahwa Ukraina sedang mencoba untuk membangun rute baru dengan Rumania, Polandia, dan negara-negara Baltik, untuk memastikan bahwa 22 juta ton biji-bijian yang terjebak di pelabuhan Ukraina bisa dikirim dan mencapai tujuannya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA