Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kedutaan: Mahasiswa India yang Terganggu Kuliahnya karena Perang di Ukraina, Bisa Lanjutkan Pendidikan di Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Juni 2022, 09:29 WIB
Kedutaan: Mahasiswa India yang Terganggu Kuliahnya karena Perang di Ukraina, Bisa Lanjutkan Pendidikan di Rusia
Roman Babushkin, Wakil kepala misi, Embessy Rusia, New Delhi, dengan Penasihat Kehormatan Ratheesh C. Nair selama konferensi media di Thiruvananthapuram/Net
Mahasiswa India yang pendidikannya terpaksa berhenti di tengah jalan karena terganggu oleh perang Rusia-Ukraina akan diterima dengan tangan terbuka oleh universitas-universitas Rusia.  

Wakil kepala misi Kedutaan Besar Rusia di New Delhi, Roman Babushkin, mengumumkan, para siswa akan diundang untuk belajar di Rusia tanpa mereka kehilangan tahun-tahun akademik sebelumnya.

Pernyataan Babushkin itu muncul sebagai jawaban atas pertanyaan wartawan terkait nasib 20.000 mahasiswa yang melarikan diri dari Ukraina pasca invasi Rusia yang dimulai pada 24 Februari lalu.

Ratheesh C Nair, Konsul Kehormatan Federasi Rusia dan Direktur Dewan Rusia di Thiruvananthapuram, mengatakan, mengingat situasi khusus, para siswa ini akan diterima sesuai dengan produksi daftar nilai mereka. Mereka akan diterima di universitas Rusia yang setara dengan universitas Ukraina dalam hal biaya dan aspek lainnya.

Untuk para mahasiswa yang memegang beasiswa, ada kemungkinan akan tetap bisa melanjutkan fasilitas beasiswanya di universitas-universitas Rusia.

"Saya memberi tahu mereka bahwa universitas Rusia siap menerima siswa. Terutama mereka yang belajar di Ukraina dengan skema beasiswa akan diterima secara gratis. Pejabat NoRKA mengatakan akan berkoordinasi dengan orang tua siswa,” katanya, seperti dikutip dari The Hindu.

Ia juga menyarankan agar rincian dan daftar nilai mahasiswa bisa diserahkan ke universitas di Rusia agar mereka dan mahasiswa bisa menyusun kesepakatan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA