Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disaksikan Erdogan, Turki Mulai Memasang Pipa Gas Alam Laut Hitam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 Juni 2022, 13:52 WIB
Disaksikan Erdogan, Turki Mulai Memasang Pipa Gas Alam Laut Hitam
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Turki mulai memasang pipa gas di dasar Laut Hitam di lepas pantai negara itu pada Senin (13/6). Upacara tersebut dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui tautan video.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Erdogan memuji dimulainya pembangunan pipa bawah laut untuk menyadap ladang gas alam Laut Hitam yang diharapkan pemerintah akan membantu negara itu dari ketergantungannya pada impor energi.

Erdogan juga menyaksikan saat bagian pipa pertama diletakkan dan terhubung ke dasar laut dari Pelabuhan Filyos, sekitar 400 kilometer timur Istanbul di pantai Laut Hitam. Dia mengatakan lapangan gas Sakarya bisa memproduksi 10 juta meter kubik pada kuartal I 2023.

Ladang gas Sakarya, 170 kilometer ke laut, ditemukan pada Agustus 2020. Pada saat itu, Erdogan menggambarkannya sebagai 'ladang gas alam terbesar dalam sejarah Turki', mengutip perkiraan cadangan 320 miliar meter kubik.

Tahun lalu, 45 persen gas yang digunakan di Turki berasal dari Rusia, dan sisanya dari Iran dan Azerbaijan.

“Lapangan Sakarya diharapkan produksi puncaknya pada 2026. Kami akan melanjutkan upaya kami sampai kami dapat sepenuhnya memastikan keamanan energi kami," tambahnya.

Turki masih sangat bergantung pada impor untuk memenuhi kebutuhan energinya dan harus membayar mahal, terutama setelah invasi Rusia ke Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA