Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Israel Keluarkan Peringatan Tertinggi, Perintahkan Warganya Tinggalkan Istanbul karena Ada Ancaman dari Iran

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 14 Juni 2022, 14:12 WIB
Israel Keluarkan Peringatan Tertinggi, Perintahkan Warganya Tinggalkan Istanbul karena Ada Ancaman dari Iran
Turki/AP
Israel mengeluarkan peringatan tertinggi kepada warganya untuk meninggalkan Turki dan tidak melakukan perjalanan ke sana karena adanya ancaman serangan dari Iran.

Dewan Keamanan Israel pada Senin (14/6) mengumumkan telah menaikkan tingkat peringatannya menjadi Level 4 atau tertinggi untuk Istanbul, sementara bagian lain di Turki berada di Level 3.

"Sejumlah warga Iran berencana melakukan serangan teror terhadap warga Israel yang sedang berlibur di Istanbul," kata Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, seperti dikutip AFP.

“Jika Anda sudah berada di Istanbul, kembalilah ke Israel sesegera mungkin. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Istanbul, batalkan. Tidak ada liburan yang layak mempertaruhkan nyawa Anda," tambahnya.

Lapid mengatakan, organisasi keamanan, Kemlu Israel, dan Kantor Perdana Menteri telah melakukan upaya untuk menyelamatkan nyawa warga Israel selama beberapa pekan terakhir.

“Beberapa dari mereka kembali ke Israel dan berjalan di antara kita tanpa mengetahui bahwa nyawa mereka telah diselamatkan," ucapnya.

Peringatan Israel itu muncul setelah adanya laporan yang menyebut badan keamanan Israel dan Turki telah menggagalkan rencana Iran untuk menculik turis Israel di Turki pada bulan lalu.

Menurut Lapid, agen Iran masih berusaha untuk membunuh atau menculik orang Israel, menyebut itu adalah ancaman yang nyata.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA