Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Negara Lagi Tegang Soal Laut China Selatan, Ferdinand Marcos: Beijing adalah Mitra Terkuat Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 14 Juni 2022, 15:39 WIB
Negara Lagi Tegang Soal Laut China Selatan, Ferdinand Marcos: Beijing adalah Mitra Terkuat Filipina
Presiden terpilih Filipina, Ferdinand Marcos Jr/Getty Images
rmol news logo Presiden terpilih Filipina Ferdinand Marcos Jr. memuji kemitraan yang terjalin antara Manila dan Beijing, terlepas dari ketegangan dua negara terkait sengketa di Laut China Selatan.

Marcos mengatakan hubungan antara Filipina dan China sangat penting dan saling menguntungkan. Ia juga menyebut China adalah "mitra terkuat" Filipina dalam proses pemulihan pandemi.

"Kami hanya bisa melakukannya dengan mitra kami, dan mitra terkuat kami selalu dalam hal itu, tetangga dekat kami, teman baik kami, Republik Rakyat China," kata Marcos, seperti dikutip The Star.

Pada Jumat malam (10/6), Departemen Luar Negeri Filipina mengajukan protes lain terhadap China atas dugaan penangkapan ikan ilegal, mengganggu kapal Filipina, dan memblokir pintu masuk Second Thomas Shoal.

Sehari sebelumnya, Kamis (9/6), Filipina juga mengumumkan telah memprotes pengembalian lebih dari 100 kapal China di sekitar Julian Felipe Reef.

Menanggapi perselisihan tersebut, Marcos mengatakan Filipina dan China akan dapat menyelesaikannya melalui komunikasi dan berterus terang mengenai kepentingan masing-masing negara.

Marcos mengatakan ia tidak akan mengkompromikan kedaulatan Filipina, sambil mengincar kesepakatan dengan China untuk menyelesaikan sengketa laut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA