Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paus Fransiskus: Bagi Saya, Perang Dunia ke-3 Sudah Dimulai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 Juni 2022, 07:39 WIB
Paus Fransiskus: Bagi Saya, Perang Dunia ke-3 Sudah Dimulai
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Paus Fransiskus menilai Perang Dunia ke-3 saat ini sudah berlangsung karena banyaknya konflik di mana-mana yang saling terkait, khususnya perang di Ukraina.

Hal tersebut disampaikan paus ketika melakukan wawancara dengan outlet media Yesuit yang diterbitkan pada Selasa (14/6).

"Beberapa tahun yang lalu, terpikir oleh saya untuk mengatakan bahwa kita mengalami perang dunia ketiga yang diperjuangkan sedikit demi sedikit,” kata paus.

“Hari ini, bagi saya, Perang Dunia 3 telah diumumkan," tambahnya.

Di samping perang Ukraina, paus juga menyoroti berbagai pertempuran lainnya yang kerap jarang mendapat perhatian publik, seperti Nigeria dan Myanmar.

“Dunia sedang berperang. Ini adalah sesuatu yang seharusnya memberi kita jeda untuk berpikir," ucapnya.

Lebih lanjut, paus mendorong agar diakhirinya pola pikir seperti The Little Red Riding Hood, yang menceritakan kisah serigala adalah orang jahat.

“Saya hanya menentang mengubah situasi kompleks menjadi perbedaan antara orang baik dan orang jahat, tanpa mempertimbangkan akar dan kepentingan pribadi, yang sangat kompleks,” jelasnya.

"Di sini, tidak ada orang baik dan orang jahat metafisik, secara abstrak. Sesuatu yang global sedang muncul, dengan elemen-elemen yang saling terkait erat satu sama lain," imbuh paus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA