Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping Telepon Putin: Masalah Ukraina, China Selalu Independen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 16 Juni 2022, 06:34 WIB
Xi Jinping Telepon Putin: Masalah Ukraina, China Selalu Independen
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Hubungan bilateral hingga situasi terkini Ukraina menjadi topik utama percakapan telepon antara Presiden China Xi Jinping dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (15/6).

Xi mencatat bahwa sejak awal tahun ini, China dan Rusia mampu mempertahankan momentum pembangunan yang baik dalam menghadapi turbulensi dan transformasi global.

"Kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara telah membuat kemajuan yang stabil," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua.

Ia menambahkan, China siap bekerja dengan pihak Rusia untuk mendorong pengembangan kerja sama bilateral praktis yang stabil dan berjangka panjang, seraya menginformasikan bahwa bahwa jembatan jalan raya lintas batas Heihe-Blagoveshchensk telah dibuka untuk lalu lintas, menciptakan saluran baru yang menghubungkan kedua negara.

"Beijing bersama dengan Moskow akan terus mempromosikan solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara  berkembang, dan mendorong pengembangan tatanan internasional dan pemerintahan global ke arah yang lebih adil dan masuk akal," kata Xi.

Soal Ukraina, Xi menyatakan kesiapannya untuk membantu menyelesaikan krisis.

"Semua pihak harus mendorong penyelesaian yang tepat dari krisis Ukraina dengan cara yang bertanggung jawab," kata Xi, menambahkan bahwa China untuk tujuan ini dan akan terus memainkan perannya dan menilai situasi secara independen berdasarkan fakta dan konteks sejarah.

“Kita berperan aktif dalam menjaga perdamaian dalam skala global. Begitu pula kita berkontribusi menjaga stabilitas tatanan ekonomi dunia,” tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA