Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ortega Ijinkan Pasukan Rusia Masuki Wilayah Nikaragua untuk Latihan Militer, AS Meradang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 16 Juni 2022, 09:24 WIB
Ortega Ijinkan Pasukan Rusia Masuki Wilayah Nikaragua untuk Latihan Militer, AS  Meradang
Presiden Daniel Ortega/Net
rmol news logo Pasukan Rusia diperbolehkan masuk ke Nikaraguna untuk melakukan latihan militer bersama. Parlemen Nikaragua telah memberikan persetujuannya, meskipun ada kekahwatiran dari Washington.

Parlemen, yang didominasi oleh sekutu Presiden Daniel Ortega, juga mengizinkan perangkat keras militer dari Rusia, Amerika Serikat, dan tujuh negara Amerika Latin masuk ke Nikaragua. Ortega sebelumnya telah mengajukan dekrit ke parlemen untuk disetujui, tentang partisipasi pasukan asing dalam pertukaran pengalaman, latihan, dan operasi bantuan kemanusiaan.

Dekrit tersebut mencantumkan latihan angkatan laut dan udara untuk memerangi pengedar narkoba dan kejahatan terorganisir internasional.

Ortega adalah mantan penghasut Marxis yang menggulingkan diktator Anastasio Somoza dan melawan pemberontak Contra yang didukung AS dalam perang berdarah pada 1980-an, menurut laporan DW.

Dia kembali menjabat pada 2007 dan dituduh menumbuhkan otoritarianisme, memenjarakan lawan sebelum dia memenangkan masa jabatan lagi tahun lalu.

Presiden AS Joe Biden menolak mengundang Ortega atau para pemimpin sayap kiri Kuba dan Venezuela ke KTT Amerika pekan lalu.

Pada pertemuan puncak, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mempertanyakan tawaran Ortega untuk mengizinkan pasukan Rusia masuk ke Nikaragua.

“Negara akan membuat keputusan berdaulat mereka. Namun, gagasan bahwa Rusia akan menjadi mitra yang baik dalam masalah penegakan hukum atau bantuan kemanusiaan, harus kami katakan, tidak memenuhi uji kredibilitas,” kecam Blinken.

Kecaman Blinken itu mendapat penolakan dari pejabat Nikaragua. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA