Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Istana Bogor, Jokowi dan Presiden Jerman Tanam Pohon Cendana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Juni 2022, 12:29 WIB
Di Istana Bogor, Jokowi dan Presiden Jerman Tanam Pohon Cendana
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Presiden RI Joko Widodo menanam pohon cendana di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (16/6)/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis pagi (16/6).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan Steinmeier ke Indonesia kali ini dilakukan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman.

Dari siaran langsung yang di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Steinmeier tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah diterima Jokowi, Steinmeier juga mendapatkan sambutan dari iringan pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Lagu kebangsaan kedua negara kemudian dilantunkan, diiringi dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali. Lalu kedua pemimpin melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Selanjutnya, delegasi dari masing-masing negara diperkenalkan dan kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak Steinmeier untuk menanam pohon cendana bersama di halaman belakang istana.

Usai menanam pohon, kedua presiden berbincang santai di beranda belakang istana, yang kemudian dilanjutkan dengan menggelar pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan bilateral, keduanya akan membahas upaya meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang, termasuk investasi, perdagangan, transisi energi, dan kerjasama antara G20 dan G7.

Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, serta Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri I Gede Ngurah Swajaya.

Sebelum mengunjungi Indonesia, Steinmeier sudah melawat Singapura dari 13-15 Juni. Ia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (15/6) untuk mengunjungi Indonesia selama tiga hari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA