Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ambisi Masuk Rantai Pasokan Chip Global, Jokowi Bujuk Jerman Investasi di Semi Konduktor

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Juni 2022, 13:36 WIB
Ambisi Masuk Rantai Pasokan Chip Global, Jokowi Bujuk Jerman Investasi di Semi Konduktor
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan bersama di Ruang Teratai, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (16/6)/Repro
Kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia dimanfaatkan Presiden Joko Widodo untuk menawarkan sejumlah investasi.

Tawaran itu disampaikan Jokowi ketika melakukan pertemuan bilateral dengan Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis pagi (16/6).

Dalam konferensi pers bersama, Jokowi mengatakan kedua belah pihak membahas upaya peningkatan investasi Jerman di industri teknologi tinggi Indonesia, seperti sektor kendaraan listrik.

"Saya mengajak industri Jerman untuk mengembangkan semi konduktor di Indonesia, dan menjadikan industri ini bagian dari rantai pasok chip global," ujarnya dalam siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Di samping itu, Jokowi juga mendorong Jerman untuk berinvestasi di kawasan-kawasan industri hijau di Indonesia.

Jokowi menyebut kunjungan Steinmeier menunjukkan kedekatan hubungan dua negara. Itu lantaran Indonesia menjadi salah satu tujuan pertama kunjungan bilateral Steinmeier setelah terpilih kembali sebagai presiden Jerman pada Februari tahun ini.

"Presiden Steinmeier juga bukan orang baru bagi saya, karena kita sudah pernah bertemu di Jakarta tahun 2014, saat beliau menjabat sebagai menteri luar negeri," ucap Jokowi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA