Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

47 Negara Sampaikan Keprihatinan Pelanggaran HAM Uighur ke PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Juni 2022, 14:26 WIB
47 Negara Sampaikan Keprihatinan Pelanggaran HAM Uighur ke PBB
Uighur/Net
rmol news logo Sebanyak 47 negara menyuarakan keprihatinan atas pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang, bagian barat jauh China.

Keprihatinan tersebut disampaikan lewat pernyataan bersama kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada Selasa (14/6), seperti dimuat Al Jazeera.

"Kami sangat prihatin tentang situasi hak asasi manusia di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang," kata Duta Besar Belanda untuk PBB, Paul Bekkers.

Bekkers mengatakan, sejumlah laporan kredibel menunjukkan bahwa lebih dari 1 juta orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya telah ditahan secara sewenang-wenang.

Beijing sendiri mengakui adanya kamp-kamp di Xinjiang, tetapi menyebutnya sebagai pusat pelatihan keterampilan kejuruan untuk membasmi ekstremisme.

Dalam pernyataan bersamanya, 47 negara tersebut menyoroti berbagai laporan terkait penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi atau merendahkan martabat, seperti sterilisasi paksa, kekerasan seksual, kerja paksa, hingga pemisahan antara orangtua dan anak-anak mereka.

Bekkers mengatakan, mereka menyerukan kepada China agar segera mengakhiri penahanan sewenang-wenang terhadap Muslim Uighur dan minoritas lain.

Lebih lanjut, mereka juga meminta Beijing untuk mengirim penyelidik dan pakar PBB untuk melakukan investigasi situasi di Xinjiang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA