Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Dukung Sentralitas ASEAN, India Promosikan Perdamaian dan Kesejahteraan Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Juni 2022, 18:26 WIB
Komitmen Dukung Sentralitas ASEAN, India Promosikan Perdamaian dan Kesejahteraan Kawasan
Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-India di New Delhi, 16 Juni 2022/RMOL
rmol news logo India menyatakan komitmennya terhadap sentralitas ASEAN dalam arsitektur kawasan. New Delhi juga mendorong kerjasama untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kestabilan di kawasan.

Komitmen itu akan disampaikan dalam pertemuan khusus para menteri luar negeri ASEAN dan India di New Delhi untuk memperingati 30 tahun kemitraan kedua belah pihak pada 17 Juni besok.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Menlu India S. Jaishankar dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan.

"Pertemuan tersebut memperingati tonggak sejarah hubungan ASEAN-India selama tiga dekade terakhir dan menegaskan kembali komitmen untuk lebih memperdalam kemitraan luas berbasis untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan," kata Kementerian Luar Negeri India dalam pernyataannya yang dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/6).

Sebagai bentuk komitmen kuat terhadap sentralitas ASEAN, India mendukung protek dan inisiatif ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, Visi Komunitas ASEAN 2024, Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC) 2025, dan Initiative for ASEAN Integration (IAI).

Kedua belah pihak juga mengakui pentingnya kerjasama mengatasi tantangan akibat pandemi Covid-19.

"(Para menlu sepakat) untuk mempekuat dan memperdalam Kerjasama Strategis ASEAN-India untuk keuntungan bersama di berbagai bidang, termasuk politik, keamanan, ekonomi, sosial-budaya, dan kerjasama menggunakan mekanisme ASEAN," pungkas Kemlu India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA