Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yakin Bisa Panen 130 Juta Ton Gandum, Rusia: Hanya Negara Bersahabat yang Akan Kebagian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 17 Juni 2022, 16:14 WIB
Yakin Bisa Panen 130 Juta Ton Gandum, Rusia: Hanya Negara Bersahabat yang Akan Kebagian
Ilustrasi/Net
rmol news logo Panen gandum Rusia diyakini bisa mencapai 130 juta ton tahun ini, dan itu akan cukup untuk menutupi kebutuhan domestik serta memastikan potensi ekspor. Begitu disampaikan Menteri Pertanian Rusia Dmitry Patrushev.

Berbicara di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF), Kamis (16/6) ia mengatakan bahwa Rusia akan menyediakan makanan bagi negara-negara yang paling membutuhkannya dan mereka yang bersahabat dengan Moskow.

“Produk (pertanian) kami akan berada di pasar luar negeri, tetapi hanya di negara-negara yang bersahabat dengan kami, yang tidak menciptakan rintangan dan kesulitan bagi kami,” katanya kepada wartawan, seperti dikutip dari RT, Jumat (17/6).

Ini sesuai dengan pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang bulan lalu mengatakan bahwa negaranya mengharapkan panen gandum yang melimpah tahun ini.

Saat itu dia juga mengatakan bahwa sejumlah negara menghadapi ancaman kelaparan, menekankan bahwa kesalahan atas situasi ini sepenuhnya terletak pada “elit Barat.”

Krisis gandum dirasakan di seluruh dunia karena harga gandum melonjak ke rekor tertinggi selama dua bulan terakhir.

Pasar makanan global, yang sudah terpengaruh oleh cuaca dan pandemi Covid, mendapat pukulan lain karena konflik Rusia-Ukraina dan sanksi Barat terhadap Moskow. Hal ini telah memicu ketakutan akan kerawanan pangan global dan kelaparan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA