Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diberi Nama Fujian, China Resmi Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 18 Juni 2022, 21:45 WIB
Diberi Nama Fujian, China Resmi Luncurkan Kapal Induk Generasi Baru
China luncurkan kapal induk Tipe 003 bernama Fujian/Repro
rmol news logo Pemerintah China meluncurkan kapal induk generasi baru pada hari Jumat (17/6) waktu setempat. Peluncuran kapal pertama yang dirancang dan dibangun di China ini, menjadi tonggak sejarah dalam usaha Beijing untuk memperluas jangkauan dan kekuatan angkatan laut.

Kapal induk Tipe 003 bernama Fujian, meninggalkan dok di galangan kapal di luar Shanghai pada pagi hari. Kapal ini kemudian disandarkan di dermaga terdekat.

Penyiar negara China, CCTV menunjukkan personel angkatan laut yang berkumpul berdiri di bawah kapal besar ketika jet air disemprotkan di atas deknya, pita warna-warni terbang dan asap warna-warni dilepaskan.

Dilengkapi dengan persenjataan terbaru dan teknologi peluncuran pesawat, kemampuan kapal Tipe 003 dianggap menyaingi kapal induk Barat. Kapal ini dikembangkan sesuai tujuan Beijing yang berusaha untuk mengubah angkatan laut menjadi yang terbesar di dunia, menjadi kekuatan multi-kapal induk.

Citra satelit yang diambil oleh Planet Labs PBC pada hari Kamis dan dianalisis oleh The Associated Press, menunjukkan kapal induk di tempat yang tampak seperti dok yang terendam banjir di Galangan Kapal Jiangnan, dekat Shanghai, siap untuk diluncurkan.

“Ini adalah tonggak penting bagi kompleks industri militer China,” kata Ridzwan Rahmat, analis perusahaan intelijen pertahanan Janes yang berbasis di Singapura, dikutip dari apnews.com.

“Ini menunjukkan bahwa para insinyur China sekarang dapat memproduksi sendiri rangkaian lengkap kombatan permukaan yang terkait dengan perang angkatan laut modern, termasuk korvet, fregat, kapal perusak, kapal serbu amfibi, dan sekarang kapal induk,” katanya.

“Kemampuan untuk membangun kapal perang yang sangat kompleks dari bawah ke atas pasti akan menghasilkan berbagai spin-off dan manfaat bagi industri pembuatan kapal China," sambung Rahmat.

Kapal induk pertama China adalah kapal Soviet yang digunakan kembali, dan yang kedua dibangun di China tetapi berdasarkan desain Soviet. Keduanya dibangun untuk menggunakan apa yang disebut metode peluncuran "ski-jump" untuk pesawat, dengan tanjakan di ujung landasan pendek untuk membantu pesawat lepas landas.

Sementara, Tipe 003 menggunakan peluncuran ketapel. Menurut para ahli, t=nampaknya merupakan sistem tipe elektromagnetik seperti yang awalnya dikembangkan oleh Angkatan Laut AS.

Kantor Berita resmi China Xinhua mengkonfirmasi Fujian menggunakan sistem elektromagnetik dalam sebuah laporan pada peluncuran hari Jumat.

Sistem seperti itu mengurangi tekanan pada pesawat daripada sistem peluncuran ketapel tipe uap yang lebih tua, dan penggunaan ketapel berarti bahwa kapal akan dapat meluncurkan lebih banyak jenis pesawat, yang diperlukan bagi China untuk dapat memproyeksikan angkatan laut.

“Ketapel ini memungkinkan pesawat yang dikerahkan untuk membawa muatan senjata yang lebih luas selain tangki bahan bakar eksternal,” kata Rahmat.

“Setelah beroperasi penuh, kapal induk ketiga PLAN juga akan dapat mengerahkan rangkaian pesawat yang lebih lengkap yang terkait dengan operasi kelompok pemogokan kapal induk termasuk transportasi pengiriman onboard kapal induk dan airborne early warning and control airframes, seperti KJ-600,” urainya.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China, atau PLAN, telah dimodernisasi selama lebih dari satu dekade untuk menjadi lebih dari kekuatan "air biru", yang mampu beroperasi secara global daripada dibatasi untuk tetap lebih dekat ke daratan China.

Pada saat yang sama, AS telah meningkatkan fokusnya di kawasan itu, termasuk Laut Cina Selatan.

Wilayah maritim yang luas itu, telah tegang karena enam pemerintah mengklaim semua atau sebagian dari jalur air yang vital secara strategis, yang melaluinya sekitar 5 triliun dolar AS dalam perdagangan global berjalan setiap tahun dan yang menyimpan stok perikanan yang kaya tetapi cepat menurun dan deposit minyak dan gas bawah laut yang signifikan.

China telah jauh dan paling agresif dalam menegaskan klaimnya atas hampir seluruh jalur air, fitur pulau dan sumber dayanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA