Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ahli Virologi Thailand Waspada, Kasus Monkeypox Bisa Meroket karena Perbatasan Dibuka

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 Juni 2022, 08:53 WIB
Ahli Virologi Thailand Waspada, Kasus Monkeypox Bisa Meroket karena Perbatasan Dibuka
Ilustrasi/Net
Ahli virologi terkenal Thailand, Yong Poovorawan mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus cacar monyet karena perbatasan yang akan sepenuhnya terbuka untuk kedatangan asing mulai bulan depan.

Pihak berwenang memperkirakan setidaknya 500 ribu wisatawan akan tiba setiap bulan antara sekarang dan September.

Di Facebok, Yong mengatakan, meskipun tidak ada kasus monkeypox yang dikonfirmasi telah dilaporkan di Asia Timur atau Tenggara, Thailand harus terus memantau cacar monyet untuk mencegah potensi wabah.

Ia menyebut akan sulit untuk menghentikan penyebaran penyakit jika wabah terjadi, seperti dimuat The Star, Minggu (19/6).

Data menunjukkan, sejak kasus cacar monyet pertama terdeteksi di luar Afrika pada awal Mei, lebih dari 2.000 infeksi telah dikonfirmasi, sebagian besar pada pria berusia antara 20 dan 50 tahun.

Negara-negara yang telah mendaftarkan lebih dari 100 kasus termasuk Inggris, Spanyol, Portugal dan Kanada. Namun, tidak ada kematian yang dilaporkan di luar Afrika, di mana penyakit ini endemik di wilayah tengah dan barat benua itu.

Yong mencatat bahwa penyakit ini dapat menyebar melalui kontak dekat, tetapi dalam kebanyakan kasus gejalanya tidak mengancam jiwa.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA