Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasokan Gas Rusia ke Italia Melorot Tajam Hingga 50 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 Juni 2022, 06:08 WIB
Pasokan Gas Rusia ke Italia Melorot Tajam Hingga 50 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Perusahaan energi Italia Eni menjadi negara berikutnya yang menerima pasokan gas Rusia dengan jumlah yang jauh berkurang.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (19/7), perusahaan itu mengatakan bahwa raksasa energi Rusia Gazprom mengurangi pasokan gasnya ke Italia, hingga 50 persen.  

"Gazprom mengumumkan bahwa hari ini (Minggu) akan mengirimkan volume gas sesuai dengan jumlah yang dikirim pada hari-hari terakhir," isi pernyataan perusahaan, seperti dikutip dari BBC.

Pengurangan pengiriman gas Rusia ke bebarapa negara kini memicu tudingan bahwa Rusia sengaja melakukan hal ini untuk mendorong harga energi dengan mengurangi pasokan secara tajam.

Namun, Kremlin menegaskan ada masalah dalam pengisian fasilitas penyimpanan dan perbaikan pada pipa Nord Stream. Pada Selasa pekan lalu, Gazprom mengumumkan bahwa mereka harus menurunkan pasokan gas alam melalui pipa Nord Stream karfena adanya kerusakan motor. Karena fakta ini, hanya tiga unit pompa gas yang dapat digunakan di stasiun kompresor Portovaya.

"Tidak ada tindakan yang disengaja oleh Gazprom pada pengurangan pasokan gas ke Eropa. Ada masalah dengan turbin," jelas Kremlin.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi tidak mau menerima klaim tersebut, dan menyebut pengurangan pasokan dikaitkan dengan "politik". rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA