Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pererat Persahabatan Buddhis-Katolik, Paus Fransiskus Terima Kunjungan Delegasi Umat Buddha dari Thailand

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Senin, 20 Juni 2022, 16:58 WIB
Pererat Persahabatan Buddhis-Katolik, Paus Fransiskus Terima Kunjungan Delegasi Umat Buddha dari Thailand
Padre Marco bersama umat Buddha dari Thailand/Net
Paus Fransiskus menerima kunjungan delegasi Biksu Buddha Thailand dari aliran Theravada dan Mahayana, bersama dengan umat Buddha awam dan beberapa perwakilan dari Gereja Katolik Thailand di Vatikan, Italia pada Jumat (17/6) waktu setempat.

Pertemuan itu terjadi di sela agenda konferensi bertema “Persahabatan antara Buddhis dan Kristen untuk Budaya Perjumpaan” di Universitas Kota Kepausan, Roma, Italia.

“Paus Fransiskus menerima delegasi umat Buddha dari Thailand dan menegaskan kembali perasaan Paus St. Paulus VI yang sangat menghargai harta spiritual, moral dan sosial budaya dari tradisi Buddhis,” ucap anggota Dewan Kepausan untuk Dialog antar Umat Beragama Romo Markus Solo Kewuta SVD, Senin (20/6).

Padre Marco, sapaan Romo Marcus, mengatakan bahwa delegasi Biksu Buddha terdiri dari 33 orang, bersama dengan 60 umat Buddha awam dan beberapa perwakilan dari Gereja Katolik.

Dalam pertemuan tersebut, Padre Marco menyebutkan bahwa Paus Fransiskus senantiasa mengajak umat Buddha bekerja sama untuk menumbuhkan belas kasih dan keramahan.

Terlebih saat ini banyak keluarga, manusia, dan planet bumi tengah menghadapi berbagai ancaman.

Untuk itu, kebutuhan akan dialog dan kolaborasi antaragama semakin diperlukan di semua lini.

“Paus Fransiskus mengundang umat Buddha untuk terus bekerja sama dengan Gereja Katolik untuk menumbuhkan kasih sayang dan keramahan untuk semua manusia, terutama yang miskin dan terpinggirkan,” ucap Padre Marco.

Lanjut Padre Marco kunjungan delegasi Buddha dari Thailand juga dalam rangka memperingati 50 tahun pertemuan antara Paus Paulus VI dan Most Venerable Somdej Phra Wannarat, Patriarkh tertinggi Buddha ke-17 yang terjadi pada tanggal 5 Juni 1972 di Vatikan.

Di akhir pertemuan, para delegasi memberikan berbagai macam hadiah untuk Paus Fransiskus yang sengaja dibawa dari Thailand.

Tidak sampai di situ, pada akhir pertemuan, setiap delegasi berkesempatan bersalaman dengan Paus Fransiskus dan para Bhikku mendaraskan sebuah doa.

Sebaliknya, saat mendaraskan doa, Paus Fransiskus dengan sikap rendah hati sembari menunduk penuh rasa hormat dan syahdu kepada para Biksu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA