Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Ancam akan Membalas Lithuania atas Larangan Transit Kereta Api Kaliningrad

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 21 Juni 2022, 06:23 WIB
Rusia Ancam akan Membalas Lithuania atas Larangan Transit Kereta Api Kaliningrad
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rusia menuntut agar Lithuania segera mencabut larangan transit kereta api  barang ke eksklave Rusia Kaliningrad.

Kementerian luar negeri Rusia pada Senin (20/6) memanggil utusan utama Lithuania di Moskow untuk menyampaikan protes.

Kementerian menuntut Vilnius segera membalikkan apa yang dianggapnya sebagai langkah 'bermusuhan secara terang-terangan'. Jika tidak, Moskow berhak untuk mengambil tindakan.

“Jika transit kargo antara wilayah Kaliningrad dan seluruh Federasi Rusia melalui Lithuania tidak sepenuhnya pulih dalam waktu dekat, maka Rusia berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya,” isi pernyataan kementerian, seperti dikutip dari The Moscow Time.

Kementerian mencatat langkah itu  melanggar kewajiban hukum internasional Lituania, yaitu Pernyataan Bersama UE 2002 dan Federasi Rusia tentang Transit antara Wilayah Kaliningrad dan Federasi Rusia lainnya.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menyebut situasi saat  ini 'sangat serius'.

“Keputusan (pelarangan) ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya. Itu melanggar segalanya,” katanya kepada wartawan, seperti dilaporkan The Moscow Time.

Otoritas Lituania melarang transit barang yang disetujui oleh Uni Eropa di seluruh wilayahnya, yang mencakup satu-satunya rute kereta api antara daratan Rusia dan eksklave Kaliningrad di Laut Baltik. Barang yang dilarang adalah batu bara, logam, bahan bangunan, dan teknologi canggih.

Kaliningrad, sebelumnya pelabuhan Koenigsberg, adalah rumah bagi markas besar armada laut Baltik Rusia.

Kaliningrad direbut dari Nazi Jerman oleh Tentara Merah pada April 1945 dan diserahkan ke Uni Soviet setelah Perang Dunia Kedua. Terjepit di antara dua negara anggota UE dan NATO; Polandia dan Lituania, Kaliningrad menerima pasokan dari Rusia melalui jalur kereta api dan gas melalui Lituania. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA