Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Angkatan Laut India-Indonesia Berkolaborasi dalam Patroli Terkoordinasi di Laut Andaman dan Selat Malaka

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 Juni 2022, 06:47 WIB
Angkatan Laut India-Indonesia Berkolaborasi dalam Patroli Terkoordinasi di Laut Andaman dan Selat Malaka
Ilustrasi/Net
India dan Indonesia semakin menunjukkan kedekatannya seiring dengan hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang maritim.

Untuk tahun ini, angkatan Laut India dan Indonesia menyelenggarakan latihan IND-INDO ​​CORPAT edisi ke-38, yang dilakukan pertama kali setelah pandemi Covid-19. Latihan ini berlangsung selama 11 hari,k seperti dilaporkan India Today.

Komando Andaman dan Nicobar (ANC) dalam pernyataannya menyebutkan bahwa patroli terkoordinasi tersebut telah dimulai pada Senin (13/6) di Laut Andaman dan Selat Malaka, dan akan berakhir pada jumat (24/6).

“Termasuk kunjungan unit TNI AL ke ANC di Port Blair dari 13-15 Juni diikuti fase laut di Laut Andaman dan kunjungan unit Angkatan Laut India ke Sabang (Indonesia) dari 23-24 Juni,” isi pernyataan itu.

Sebagai bagian dari latihan, unit angkatan laut Indonesia mengunjungi markas ANC di Port Blair pada 13-15 Juni, diikuti oleh fase laut di Laut Andaman dan kemudian kunjungan unit Angkatan Laut India ke Sabang pada 23-24 Juni.

India dan Indonesia telah menikmati hubungan yang sangat dekat, mencakup spektrum aktivitas dan interaksi yang luas yang telah menguat selama bertahun-tahun.

Patroli terkoordinasi atau CORPAT di sepanjang Garis Batas Maritim Internasional (IMBL) telah dilakukan sejak 2002. Hal ini telah membantu membangun pemahaman dan interoperabilitas antara kedua angkatan laut, dan telah memfasilitasi langkah-langkah untuk mencegah dan menekan penangkapan ikan ilegal yang tidak dilaporkan, perdagangan narkoba, terorisme maritim, perampokan bersenjata dan pembajakan.

"IND-INDO ​​CORPAT berkontribusi dalam menjalin ikatan persahabatan yang kuat di seluruh Laut Andaman dan Selat Malaka," tutup pernyataan Komando Andaman dan Nicobar (ANC).
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA