Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gempa 6,1 Skala Richter Mengguncang Afghanistan, 250 Orang Dilaporkan Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 Juni 2022, 14:14 WIB
Gempa 6,1 Skala Richter Mengguncang Afghanistan, 250 Orang Dilaporkan Tewas
Tim penyelamat telah tiba di provinsi Paktika dengan helikopter/Net
Sedikitnya 255 orang dilaporkan tewas dalam bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 SR yang melanda Provinsi Paktika di wilayah timur Afghanistan, Rabu dini hari (22/6) waktu setempat.

Associated Press mengutip Kantor berita Pemerintah Afghanistan Bakhtar melaporkan tim penyelamat tiba di lokasi bencana dengan helikopter.

Direktur jenderal kantor berita, Abdul Wahid Rayan, menulis di Twitter bahwa 90 rumah telah hancur di Paktika dan puluhan orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan.

Rekaman dari provinsi Paktika dekat perbatasan Pakistan menunjukkan para korban dibawa ke helikopter untuk diterbangkan dari daerah tersebut. Gambar-gambar yang beredar luas secara online menunjukkan rumah-rumah yang terbuat dari batu hancur berserakan.

“Gempa bumi dahsyat mengguncang empat distrik di provinsi Paktika, menewaskan dan melukai ratusan warga negara kami dan menghancurkan puluhan rumah,” kata Bilal Karimi, wakil juru bicara pemerintah Taliban, menulis secara terpisah di Twitter.

“Kami mendesak semua lembaga bantuan untuk mengirim tim ke daerah itu segera untuk mencegah bencana lebih lanjut," ujarnya.

Getaran gempa juga dilaporkan terasa di ibu kota Pakistan, Islamabad, dan di tempat lain di provinsi Punjab timur, seperti dilaporkan BBC.

Sementara itu Badan seismologi Eropa, EMSC, mengatakan getaran gempa dirasakan lebih dari 500 kilometer (310 mil) oleh 119 juta orang di Afghanistan, Pakistan dan India.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA