Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jadi Juru Damai Konflik, Turki Semakin Hati-hati Kirim Senjata ke Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 Juni 2022, 16:22 WIB
Jadi Juru Damai Konflik, Turki Semakin Hati-hati Kirim Senjata ke Ukraina
Presiden Badan Industri Pertahanan Turki Ismail Demir/Net
Perkembangan konflik antara Moskow dan Kiev telah membuat Turki semakin berhati-hati mengirimkan lebih banyak senjata ke Ukraina.

Presiden Badan Industri Pertahanan Turki Ismail Demir mengungkapkan kepada Wall Street Journal bahwa kehati-hatian itu datang mengingat peran Ankara sebagai salah satu juru damai dua tetangga yang sedang berperang itu.

“Turki adalah satu-satunya negara yang saya kira dapat memberikan seruan kepada kedua belah pihak dan mengajak mereka ke meja perdamaian. Bagaimana Anda bisa melakukan ini jika Anda mengirim puluhan ribu senjata ke satu sisi?" kata Demir.

“Kita harus dapat berbicara dengan kedua belah pihak, seseorang harus cukup dekat dengan kedua belah pihak, untuk membangun kepercayaan. Prioritas kami adalah memastikan perdamaian tetap ada," ujarnya.

Mengenai apakah Turki akan terus mengirimkan drone Bayraktar TB-2 ke Ukraina, Demir mengatakan: “Ada beberapa hal yang terjadi, tetapi saya tidak dalam posisi untuk mengatakannya, tetapi kami jauh lebih berhati-hati.”

Turki berbagi perbatasan maritim dengan Ukraina dan Rusia di Laut Hitam dan memiliki hubungan baik dengan kedua negara. Ankara telah berusaha untuk tetap senetral mungkin sejak awal konflik.

Ankara telah menjadi tuan rumah diskusi antara delegasi Ukraina dan Rusia, dan bekerja untuk menyatukan presiden kedua negara untuk pembicaraan damai.

Sementara mendukung Kyiv dan mengkritik invasi Moskow, Turki tetap menolak bergabung dengan sanksi Barat terhadap Moskow.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA