Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

China Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa Afghanistan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 Juni 2022, 06:57 WIB
China Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa Afghanistan
Ilustrasi/Net
Bencana gempa bumi dahsyat yang melanda Afghanistan menjadi perhatian Pemerintah China. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan negaranya siap memberikan bantuan kemanusiaan darurat ke negara timur tengah itu sesuai kebutuhan.

Selain siap memberikan bantuan, Wang dalam pernyataannya juga mengungkapkan bahwa berdasarkan verifikasi awal yang diberikan oleh Kedutaan Besar China di Afghanistan menunjukkan tidak ada warga China yang menjadi korban sejauh ini.

"Kami berduka atas para korban gempa di Afghanistan dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan dan yang terluka," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Kamis (23/6).

"Afghanistan adalah tetangga China yang ramah. Kami siap memberikan bantuan kemanusiaan darurat ke Afghanistan sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya.

Ucapan duka juga disampaikan Duta Besar China untuk Afganistan Wang Yu di Twitter.

"Sangat menyedihkan mendengar gempa bumi yang dahsyat merenggut nyawa manusia Afghanistan. China selalu mendukung Afghanistan dan akan memberikan bantuan kepada rakyat Afghanistan," tulisnya.

Gempa dahsyat berkekuatan 6,1 skala Richter melanda daerah pedesaan, pegunungan di Afghanistan timur dekat perbatasan Pakistan Rabu pagi (22/6) waktu setempat, menewaskan sedikitnya 1.000 orang dan melukai 1.500 lainnya.

Gempa itu terasa di beberapa kota termasuk Islamabad dan Rawalpindi di Pakistan, menurut laporan media Pakistan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA