Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei: AS Dipandang sebagai Negara yang Dapat Diandalkan Sejak Perang Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 Juni 2022, 07:29 WIB
Survei: AS Dipandang sebagai Negara yang Dapat Diandalkan Sejak Perang Ukraina
Ilustrasi/Net
Amerika Serikat saat ini mendapat tanggapan positif dari banyak negara sebagai mitra yang dapat diandalkan. Sebaliknya, Rusia menjadi negara yang banyak mendapat tanggapan negatif.

Sebuah survei yang dirilis pada Rabu (22/6) menunjukkan bahwa Australia, Belgia, Inggris, dan Jerman, memiliki peningkatan persepsi terhadap AS. Penilaian itu semakin tajam sejak Rusia meluncurkan invasinya ke Ukraina.

Korea Selatan juga termasuk negara yang mengalami peningkatan pandangan positif terhadap AS, di mana 83 persen mengatakan Amerika Serikat dapat diandalkan. Begitu uga dengan Swedia, negara yang sedang berjuang untuk bergabung dengan NATO, mengalami peningkatan kepercayaan terhadap AS sebesar 84 persen, melonjak 21 poin dari tahun sebelumnya, dan di Polandia 91 persen memandang AS dengan baik.

Survei Pew Research Center ini dilakukan terhadap 23.484 orang dewasa di 18 negara, pada 14 Februari dan 11 Mei, dengan hasil yang diumumkan pada Rabu (22/6) terhadap 18 negara.

Presiden Joe Biden telah memimpin upaya internasional untuk mengirim miliaran dolar senjata dan bantuan serta menjatuhkan sanksi hukuman kepada Rusia setelah pemimpin Vladimir Putin melanggar peringatannya dan menyerang Ukraina.

Tanda yang paling menguntungkan baik untuk Amerika Serikat dan untuk Biden sendiri datang dari Polandia, yang telah berada di garis depan dukungan untuk Ukraina.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA