Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Terima Calonnya Dicoret dari Pemilihan, Oposisi Senegal Demo Pukul Panci dan Wajan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 Juni 2022, 08:56 WIB
Tak Terima Calonnya Dicoret dari Pemilihan, Oposisi Senegal Demo Pukul Panci dan Wajan
Pendukung koalisi oposisi utama Senegal Yewwi Askan Wi, lakukan demo pukul panci /Net
Bunyi-bunyian memekakkan telinga yang berasal dari suara klakson serta panci dan wajan yang beradu terdengar di Ibu Kota Dakar di Senegal pada Rabu malam (22/6) waktu setempat.

Reuters melaporkan, demo yang dilakukan warga merupakan arahan dari koalisi oposisi utama Senegal, Yewwi Askan Wi, sebagai protes atas didiskualifikasinya kandidat koalisi dari pemilihan legislatif 31 Juli karena alasan teknis, menurut putusan pengadilan.

Oposisi meminta para pendukungnya muncul di jendela, balkon dan pintu mereka dan membunyikan bunyi-bunyian secara bersama-sama pada pukul 8 malam untuk menandakan kemarahan mereka atas didiskualifikasinya daftar kandidat mereka dalam pemilihan yang akan datang.

Demonstrasi tersebut menyusul protes jalanan pekan lalu yang dilarang oleh pihak berwenang dan berubah menjadi kekerasan ketika polisi menembakkan gas air mata dan meriam air selama bentrokan dengan pengunjuk rasa.

Pemimpin oposisi Ousmane Sonko mengatakan tiga orang tewas dalam protes 17 Juni, satu di Dakar dan dua di wilayah selatan Casamance. Beberapa politisi oposisi juga ditangkap, menambah bahan bakar untuk demonstrasi hari Rabu.

“Saya di sini untuk memprotes keadilan,” kata Ibrahima Soumare, seorang pemandu wisata berusia 47 tahun yang mengenakan warna bendera Senegal dan memegang dua tutup panci besar yang bertuliskan “Tidak untuk kediktatoran” dan “Memprotes adalah hak konstitusional".

Banyak yang menuduh Presiden Senegal saat ini, Macky Sall, berusaha melenyapkan pesaing setelah dua saingan utamanya dipenjara atas tuduhan korupsi pada 2015 dan 2018.

Sall naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2012 karena gelombang dukungan rakyat yang telah lama memburuk. Dua masa jabatannya akan berakhir pada 2024 dan beberapa lawan khawatir dia akan mencoba mencalonkan diri untuk yang ketiga.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA