Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertemu dengan Nguyen Van Nen, Jaishankar Berkomitmen Majukan Kemitraan Strategis India-Vietnam

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 Juni 2022, 16:01 WIB
Bertemu dengan Nguyen Van Nen, Jaishankar Berkomitmen Majukan Kemitraan Strategis India-Vietnam
Menteri Luar Negeri S Jaishankar melakukan pembicaraan dengan anggota politbiro Partai Komunis Vietnam dan sekretaris partai Kota Ho Chi Minh, Nguyen Van Nen, di New Delhi/Net
India dan Vietnam akan terus bekerja untuk memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif. Melangkah untuk mewujudkan tekad itu, Menteri Luar Negeri S Jaishankar melakukan pembicaraan dengan anggota politbiro Partai Komunis Vietnam dan sekretaris partai Kota Ho Chi Minh, Nguyen Van Nen, di New Delhi baru-baru ini.

Jaishankar mengatakan, kedua belah pihak terus memiliki kontak tingkat tinggi di tahun ke-50 hubungan diplomatik antara Vietnam dan India.

“Melanjutkan kontak tingkat tinggi kami di tahun Yubileum Emas hubungan diplomatik kami. Senang bertemu dengan Nguyen Van Nen, Sekretaris Partai Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Sebagai mitra tepercaya, kami akan terus bekerja untuk memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif kami,” Jaishankar menulis di Twetter usai pertemuan.

Nguyen sedang dalam kunjungan lima hari ke India dari 19-23 Juni, ditemani oleh pejabat tinggi. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan memperingati 50 tahun hubungan diplomatik antara Vietnam dan India.

Kunjungan Nguyen Van Nen bertujuan untuk mempromosikan kegiatan kerjasama antara India dan Vietnam dan memperkuat kemitraan strategis antara kedua negara, seperti dikutip dari ANI.

Kunjungan tersebut direncanakan untuk mengetahui lebih dalam tentang kebijakan India dan potensi untuk melakukan kegiatan kerjasama antara kedua belah pihak.

Selain dengan Jaishankar,  Nguyen Van Nen juga mengadakan pertemuan dengan Presiden Nasional Partai Bharatiya Janata (BJP) JP Nadda di markas BJP di New Delhi.

"Pertemuan ini merupakan kelanjutan dan bagian dari inisiatif 'Know BJP' kami, memungkinkan kami untuk menjelaskan lebih banyak tentang sejarah dan kontribusi partai kami untuk pembangunan bangsa," tutur JP Nadda.

India merupakan salah satu dari tiga kemitraan strategis dengan Vietnam sejak 2016. Sejak Vietnam dan India menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1972, hubungan bilateral telah diperdalam.

Terlepas dari kesulitan dan dampak yang ditimbulkan oleh epidemi Covid-19, kedua negara tetap mengadakan pembicaraan telepon, dan pertemuan virtual serta melakukan mekanisme kerja sama bilateral.

Beberapa hari sebelum menerima kunjungan  Nguyen Van Nen, pada Jumat (17/6), Jaishankar mengadakan pembicaraan bilateral dengan timpalannya, Menteri Luar Negeri Vietnam Bùi Thanh Sơn, di sela-sela pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-India di New Delhi.

Keduanya membahas berbagai masalah bilateral dan perkembangan regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. Kedua belah pihak juga saling bertukar kesepakatan di bidang keamanan siber.

India adalah salah satu dari sepuluh mitra dagang terbesar Vietnam. Perdagangan dua arah antara Vietnam dan India pada tahun 2021 melampaui 13,21 miliar dolar AS.

Vietnam menghabiskan 6,95 miliar dolar AS untuk impor dari India dan mengekspor produk senilai 5,26 miliar dolar AS ke negara ini, naik 36,6 persen dibandingkan tahun 2020.

Per Desember 2021, India menempati peringkat ke-25 dari 140 negara dan wilayah yang berinvestasi di Vietnam dengan 313 proyek, total terdaftar modal sebesar USD 910,4 juta, lapor Saigon Online.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA