Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Pertemuan G-20 Menkes India Serukan Penguatan Arsitektur Kesehatan Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 Juni 2022, 16:31 WIB
Di Pertemuan G-20 Menkes India Serukan Penguatan Arsitektur Kesehatan Global
Menteri Kesehatan India Mansukh Mandaviya/Net
rmol news logo Munculnya pandemi Covid-19 telah menimbulkan banyak tantangan pada sistem kesehatan di seluruh dunia, baik di negara maju maupun berkembang. Untuk itu, Menteri Kesehatan India Mansukh Mandaviya menyerukan adanya penguatan Arsitektur Kesehatan Global.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbicara secara virtual pada sesi pengukuhan pada pertemuan Menteri Kesehatan G20 di Yogyakarta pada Senin (20/6), Mandaviya menekankan perlunya perubahan sistemik dalam tata kelola kesehatan di tengah status pandemi.

“Pandemi yang sedang berlangsung telah menimbulkan banyak tantangan pada sistem kesehatan di seluruh dunia, negara maju dan berkembang," kata Mandaviya, seperti dikutip dari ANI.

Indonesia menjadi tuan rumah dua Pertemuan Kelompok Kerja Kesehatan yang digelar di Yogyakarta dan Lombok. Isu-isu prioritas 'Harmonisasi Standar Protokol Kesehatan Global' dan 'Membangun Ketahanan Sistem Kesehatan Global' dibahas selama pertemuan.

Dalam pidatonya Mandaviya juga berterima kasih kepada Presidensi Indonesia yang telah memprioritaskan isu TB dan One Health. India telah berjanji untuk Mengakhiri TB pada tahun 2025, lima tahun lebih cepat dari target SDG global tahun 2030.

Menkes India berharap penurunan angka kasus Covid-19 adalah tanda yang menggembirakan, bahwa akhir pandemi sudah dekat.  

Dia mengatakan bahwa India setuju untuk saling mengakui kredensial vaksin termasuk aplikasi yang lebih luas untuk interoperabilitas data kesehatan.

Mandaviya juga menyarankan anggota G20 untuk kerangka kelembagaan untuk memungkinkan berbagi cepat data sekuensing genom bersama dengan model berbagi data netral & agregat di antara negara-negara.

Mengulangi sentralitas dan pentingnya WHO sebagai proses yang digerakkan oleh negara anggota dalam reformasi kesehatan global, Mandaviya mengusulkan untuk mempertimbangkan proposal yang dibahas selama Majelis Kesehatan Dunia ke-75 mengenai penguatan arsitektur kesehatan global juga dalam diskusi di tingkat G20. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA