Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Proses Evakuasi Korban Gempa Afghanistan Hampir Selesai, Bantuan Mulai Berdatangan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Juni 2022, 07:40 WIB
Proses Evakuasi Korban Gempa Afghanistan Hampir Selesai, Bantuan Mulai Berdatangan
Bantuan untuk korban gempa Afghanistan mulai berdatangan/Net
Sejumlah bantuan untuk membantu korban gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,1 Skala Richter yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang Afghanistan mulai berdatangan.

Komunikasi yang buruk dan kurangnya akses yang layak telah menghambat upaya bantuan di negara yang sedang bergulat dengan krisis kemanusiaan yang memburuk sejak Taliban mengambil alih Agustus lalu.

Sementara itu, juru bicara komandan militer Taliban di Provinsi Paktika yang paling parah dilanda bencana, Mohammad Ismail Muawiyah, memastikan bahwa proses penyelamatan korban telah selesai dilakukan.

"Operasi penyelamatan telah selesai, tidak ada yang terjebak di bawah puing-puing," kata Muawiyah, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (24/6).

Pernyataan Muawiyah juga dikonfirmasi juru bicara Kementerian Bencana, Mohammad Nassim Haqqani, menambahkan bahwa proses penyelamatan masih berlanjut di beberapa daerah terpencil.

Perserikatan Bangsa-Bangsa juga mengatakan pada hari Kamis bahwa kementerian pertahanan Taliban telah mengindikasikan pada Rabu bahwa 90 persen operasi pencarian dan penyelamatan telah selesai.

Gempa pada hari Rabu menewaskan sekitar 1.000 orang dan melukai 1.500 orang, kata Muawiyah. Lebih dari 3.000 rumah hancur.

Korban tewas menjadikannya gempa paling mematikan di Afghanistan dalam dua dekade, menurut data pemerintah AS.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan Program Pangan Dunia (WFP) mengirim makanan dan peralatan logistik ke daerah-daerah yang terkena dampak, dengan tujuan awalnya mendukung 3.000 rumah tangga.

"Rakyat Afghanistan sudah menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya menyusul konflik selama beberapa dekade, kekeringan parah dan penurunan ekonomi," kata Gordon Craig, wakil direktur negara WFP di Afghanistan.

"Gempa bumi hanya akan menambah kebutuhan kemanusiaan yang sudah sangat besar yang mereka tanggung setiap hari," ujarnya.

Sejumlah negara seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Uni Emirat Arab juga sudah mengkonfirmasi bantuan segera ke Afghanistan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA