Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Meskipun Dimusuhi oleh Kroasia dan Slovenia, Rusia akan Tetap Memandang Mereka sebagai Mitra yang Baik

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Juni 2022, 11:12 WIB
Meskipun Dimusuhi oleh Kroasia dan Slovenia, Rusia akan Tetap Memandang Mereka sebagai Mitra yang  Baik
Direktur Departemen Eropa Keempat Kementerian Luar Negeri Rusia Yury Pilipson/Net
Dua negara Balkan, Kroasia dan Slovenia, memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Rusia. belakangan, keduanya bahkan membekukan hubungan mereka dengan Rusia setelah Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Direktur Departemen Eropa Keempat Kementerian Luar Negeri Rusia Yury Pilipson menyayangkan hal itu, mengatakan kepada TASS bahwa suatu hari nanti kedua negara itu pasti akan memulihkan hubungan.

"Jika akal sehat mereka bekerja, mereka akan memulihkan hubungannya dengan Rusia," katanya.

Sikap bermusuhan Kroasia dan Slovenia ini ditunjukkan dengan tudingan yang beruntun terhadap Moskow dan pengusiran sebagian besar staf kedutaan Rusia dari negara itu.

"Itu sih terserah mereka jika ingin membawa hubungan ini ke titik beku. Perubahan tidak mungkin terjadi jika Zagreb dan Ljubljana tidak menggunakan akal sehatnya untuk memulihkan hubungan," katanya.

Kroasia dan Slovenia termasuk negara-negara yang mengutuk invasi Rusia dan memberikan bantuan persenjataan ke Ukraina.

"Mereka bergabung dengan rentetan tuduhan yang tidak berdasar terhadap kami, sambil memberikan bantuan kepada rezim Kiev - termasuk senjata - selain mengusir sebagian besar staf kedutaan kami. Anda tidak dapat menyebut perilaku semacam ini selain tidak ramah dan menantang," kata Pilipson.

Meski dimusuhi, Rusia tetap memandang Kroasia dan Slovenia sebagai 'mitra yang baik', merujuk pada hubungan bilateral yang telah berjalan selama 30 tahun terakhir.

Pilipson mengatakan bahwa Rusia akan mengingat hal yang baik-baik saja tentang dua negara itu.

"Kami memelihara dialog politik yang erat, mengembangkan perdagangan yang saling menguntungkan, kerja sama ekonomi dan investasi serta hubungan budaya dan kemanusiaan yang luas. Ngomong-ngomong, 30 Mei adalah peringatan 30 tahun hubungan diplomatik kami dengan Kroasia dan Slovenia, dan selama bertahun-tahun, kami telah mengumpulkan sejarah yang solid dan positif. Kami bersiap untuk merayakan hari jadi dengan bermartabat," tutup Pilipson.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA