Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tingkat Kemanjuran Vaksin Covid China Lebih Rendah dari Medigen Taiwan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Juni 2022, 11:55 WIB
Tingkat Kemanjuran Vaksin Covid China Lebih Rendah dari Medigen Taiwan
Medigen/Net
Vaksin Covid-19 Medigen Taiwan punya tingkat kemanjuran 84 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan vaksin buatan China yang hanya menyentuh angka 65 persen, menurut penelitian di Swiss.

Ketika uji klinis Fase 3 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Medigen telah memasuki tahap analisis data, jurnal ilmiah Swiss MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute) menerbitkan laporan berjudul "Respon Immune terhadap SARS-CoV- 2 Vaksin" pada Selasa (21/6).

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Medigen memiliki kemanjuran keseluruhan sebesar 84 persen dan bahwa tidak ada reaksi merugikan serius yang terkait dengan vaksin.

Adapun kemanjuran vaksin utama lainnya, peringkat vaksin Pfizer-BioNTech bberada di posisi tertinggi pada 95 persen, diikuti oleh Moderna pada 94,5 persen, Sputnik V pada 91 persen, Covaxin pada 78 persen, Johnson & Johnson pada 72 persen, dan Astra-Zeneca pada 70 persen.

Semetara itu vaksin dengan peringkat kemanjuran terendah adalah Sinovac dan Sinopharm dari China, keduanya masuk pada 65 persen.

Menurut pendahuluan, rekan penulis laporan ini berasal dari empat unit, yaitu: Department of Ophthalmology and Visual Sciences, University of Illinois at Chicago; Institut Virologi Nasional Dewan Riset Medis India, Mumbai, India; Sekolah Ilmu Hayati dan Bioteknologi, Universitas Adamas, Kolkata, India; dan Departemen Mikrobiologi dan Imunologi, Universitas Illinois di Chicago.

Laporan diterima pada 20 April 2022, direvisi pada 27 Mei 2022, diterima pada 30 Mei 2022, dan diterbitkan pada 21 Juni 2022.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA