Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dorong Kemampuan Tempur Angkatan Laut Pakistan, China Kirim Fregat PNS Taimur

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Juni 2022, 15:17 WIB
Dorong Kemampuan Tempur Angkatan Laut Pakistan, China Kirim Fregat PNS Taimur
PNS Taimur, fregat kedua dari empat Tipe 054A/P yang dibangun China untuk Pakistan, ditugaskan di Galangan Kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai pada 23 Juni 2022/Net
China kembali melakukan pengiriman kedua dari empat fregat Tipe 054A/P ke Angkatan Laut Pakistan pada Kamis (23/6) waktu setempat.

Fregat yang dinamai PNS Taimur adalah yang kedua dari empat fregat Tipe 054 A/P yang dibangun China untuk Angkatan Laut Pakistan. Fregat Type 054A/P pertama, PNS Tughril, bergabung dengan Armada Angkatan Laut Pakistan pada bulan Januari. Dua lainnya sedang dibangun di China.

"Sebagai aset laut yang berteknologi maju dan berkemampuan tinggi, PNS Taimur memiliki senjata dan sensor berteknologi tinggi, serta manajemen tempur terbaru dan sistem peperangan elektronik untuk bertempur di lingkungan multi-ancaman," menurut siaran pers Angkatan Laut Pakistan, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (24/6).

"Kapal-kapal tersebut akan memberikan dorongan berkelanjutan untuk kemampuan tempur Angkatan Laut Pakistan dan memungkinkannya untuk memenuhi tantangan yang muncul dalam domain keamanan maritim dan perdamaian regional," lanjutnya.

Zhang Junshe, seorang peneliti senior di Institut Penelitian Studi Militer Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), mengatakan bahwa Type 054A, yang menjadi basis Type 054A/P, adalah fregat paling canggih di China.

"Induksi fregat Type 054 A/P yang canggih akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Pakistan dalam memperkuat pertahanan perbatasan laut," kata Komodor Rashid Mehmood Sheikh, kepala Misi Angkatan Laut Pakistan di China, yang menghadiri upacara serah terima.

Dia memuji upaya bersama yang dilakukan oleh industri pembuatan kapal China dan Angkatan Laut PLA atas pencapaian penting pengiriman cepat dari fregat yang dilengkapi dengan baik dan kuat.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA