Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Didera Sanksi Tidak Dapat Suku Cadang dan Dukungan Teknis, Maskapai Penerbangan Rusia Dipertanyakan Kelayakannya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Juni 2022, 15:38 WIB
Didera Sanksi Tidak Dapat Suku Cadang dan Dukungan Teknis,  Maskapai Penerbangan Rusia Dipertanyakan Kelayakannya
U.S. Federal Aviation Administration/Net
Amerika meminta Administrasi Penerbangan Federal (FAA) untuk menyelidiki keselamatan maskapai penerbangan Rusia. Senator AS Marco Rubio, Republikan teratas di Komite Intelijen Senat, mengatakan permintaan itu sangat mendesak.

Sanksi telah melumpuhkan industri penerbangan Rusia, mencegah Moskow memperoleh suku cadang dan pesawat baru. Itu juga telah menolak akses Rusia dari beberapa bentuk dukungan teknis untuk pesawat.

Maskapai komersial Rusia hingga saat ini masih menerbangkan rute di kawasan seperti Timur Tengah dan Asia-Pasifik, meskipun AS, Kanada, dan Uni Eropa telah mengeluarkan larangan pesawat Rusia dari wilayah udara mereka, seperti dilaporkan AFP.

Penerbangan ini dapat menimbulkan risiko keselamatan bagi orang Amerika di dalamnya.

"Selama maskapai Rusia mempertahankan operasi seperti itu, mereka menimbulkan ancaman potensial bagi pelancong internasional, serta bagi orang Rusia yang terbang di dalam negeri," kata Rubio dalam permintaan kepada FAA.

"Banyak maskapai Rusia telah berusaha untuk menghindari kontrol ekspor AS yang ketat, terus mengoperasikan penerbangan ke Beijing, Delhi, Dubai dan tempat lain setelah diblokir," tambahnya.

FAA belum mengomentari permintaan tersebut, tetapi sebelumnya menurunkan peringkat keamanan udara untuk Rusia pada bulan April.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA