Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

CEDAW Puji Langkah Maroko Perjuangkan Hak-hak Perempuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Juni 2022, 18:07 WIB
CEDAW Puji Langkah Maroko Perjuangkan Hak-hak Perempuan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Maroko mendapat banyak pujian dari para ahli di Komite Penghapusan Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) atas langkah-langkah meningkatkan hak-hak perempuan. Maroko dianggap berhasil membuat terobosan dalam masalah peningkatan hak-hak perempuan  di bawah kepemimpinan Raja HM Mohammed VI.

Dalam sebuah pernyataan, komite menyoroti langkah-langkah yang diambil oleh Maroko dalam mendukung hak-hak perempuan.

Di dalam pernyataan itu, para ahli memuji tindakan tepat sasaran yang diambil oleh HM Raja Mohammed VI untuk meningkatkan hak-hak perempuan, menyoroti secara khusus pengaturan usia pernikahan yang sah untuk berjuang melawan pernikahan anak,  dan penegasan prinsip kesetaraan antara pria dan wanita dalam hubungan keluarga, seperti yang diabadikan dalam Kode Keluarga.

"Ahli lain menyambut baik fakta bahwa Konstitusi Maroko 2011 melarang segala bentuk diskriminasi - ketentuan yang tercermin dalam beberapa undang-undang," kata para ahli.

Presiden Human Rights Watch Afrika Abdelwahab Gain dan Presiden Pusat Studi dan Penelitian Sahara tentang Pembangunan dan Hak Asasi Manusia Profesor Shaibatah Mrrabih Rabou, memaparkan bagaimana Maroko memenuhi kewajibannya di bawah Internasional Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan yang dipatuhi pada Juni 1993.

Mereka juga mensurvei langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah untuk menjamin jaminan hak-hak perempuan di hadapan sistem peradilan, partisipasi politik perempuan, pemberdayaan ekonomi dan hak atas pekerjaan, perawatan kesehatan dan jaminan sosial. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA