Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Bencana Kelaparan, PBB Upayakan Bantuan 900 Juta Dolar AS untuk Somalia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Juni 2022, 08:14 WIB
Cegah Bencana Kelaparan, PBB Upayakan Bantuan 900 Juta Dolar AS untuk Somalia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Demi mencegah bencana kelaparan dan menanggapi kekeringan di Somalia, badan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pihaknya saat ini sedang mengupayakan dana sebesar 993,3 juta dolar AS.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan pada Jumat (24/5) bahwa dampak kekeringan pada Desember dan meningkatnya tekanan ekonomi telah memperdalam parahnya kebutuhan dan mendorong negara itu ke ambang kelaparan.

“Hampir 50 persen dari populasi – 7,7 juta orang – memerlukan beberapa bentuk bantuan kemanusiaan atau perlindungan, di antaranya 7 juta diperkirakan terkena dampak kekeringan,” kata OCHA dalam rencana penanggulangan kekeringan dan pencegahan kelaparan terbaru yang meliputi Mei hingga Desember, seperti dikutip dari AFP.

"Kekeringan telah menghancurkan kehidupan dan mata pencaharian orang-orang yang paling rentan, dan terpinggirkan, termasuk perempuan, anak-anak, dan klan minoritas. Malnutrisi akut pada anak-anak sedang meningkat," lanjutnya.

Empat hujan gagal berturut-turut telah menyebabkan kekeringan terburuk di negara itu dalam 40 tahun dan menyebabkan jutaan orang di ambang kelaparan pertama di mana pun di dunia selama lima tahun.

Badan PBB mengatakan musim hujan Maret-Mei 2022 belum terwujud dan kemungkinan akan menjadi yang paling kering dalam catatan, menghancurkan mata pencaharian dan mendorong peningkatan tajam dalam kerawanan pangan, air, dan gizi.

Menurut OCHA, 1,5 juta anak di bawah usia 5 tahun dan lebih dari 250.000 wanita hamil dan menyusui (PLW) di Somalia saat ini membutuhkan dukungan nutrisi.

Dikatakan total 6,4 juta orang tidak memiliki akses ke air bersih dan sanitasi, dan 6,5 juta orang tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan yang memadai.

"Sanitasi yang buruk dan penyakit menular, termasuk wabah kolera dan campak, telah mengakibatkan 16 kematian yang dikonfirmasi dan menyebabkan ribuan orang sakit tahun ini," kata OCHA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA