Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lagos Menduduki Peringkat Kedua Kota Terburuk di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Juni 2022, 10:45 WIB
Lagos Menduduki Peringkat Kedua Kota Terburuk di Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ibu kota komersial Nigeria, Lagos, menempati peringkat 171 dari 172 negara dalam daftar kota paling layak huni di dunia untuk kuartal pertama tahun 2022, menurut Global Liveability Index 2022 terbaru. Ini berartimenjadikan kota ini sebagai kota layak huni terburuk kedua di dunia dan terburuk di Afrika.

Menurut indeks yang diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit (EIU), pemimpin dunia dalam intelijen bisnis global, bahwa Damaskus (Suriah) dan Tripoli (Libya)  berada di urutan terbawah daftar bersama dengan Lagos, (Nigeria). Disebutkan bahwa faktor kerusuhan sosial, terorisme, dan konflik, menjadikan kota tersebut dianggap 'kurang layak huni'.

“Kota yang paling tidak layak huni adalah Damaskus di Suriah, Lagos di Nigeria, Tripoli di Libya, Aljir di Aljazair dan Karachi di Pakistan, yang masing-masing mendapat skor 30,7, 32,2, 34,2, 37,0, dan 37,5," pernyataan dari EIU, seperti dikutip dari Vanguard, Jumat (24/6).

EIU lebih lanjut menyoroti lima kota paling layak huni di dunia, yaitu Wina, Austria, dengan skor 99,1; Kopenhagen, Denmark, dengan 98,0; Zurich, Swiss, dengan 96,3; Calgary, Kanada, memiliki 96,3 dan Vancouver, Kanada, dengan 96,1

“Namun, sebagian besar kota di sepuluh terbawah mengalami peningkatan skor dibandingkan tahun lalu, karena tekanan pandemi Covid-19,” kata EIU.

EIU memeriksa kualitas perawatan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, stabilitas, dan budaya ketika menilai kondisi kehidupan setiap kota. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA