Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kiriman Bantuan Pertama China Tiba di Afghanistan, Beijing Siapkan Sumbangan Tambahan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Juni 2022, 12:52 WIB
Kiriman Bantuan Pertama China Tiba di Afghanistan, Beijing Siapkan Sumbangan Tambahan
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin/Net
Sejumlah bantuan tambahan berupa uang tunai, tenda, selimut dan persediaan lainnya sedang dipersiapkan untuk dikirim China ke Afghanistan yang baru-baru ini dilanda gempa berkekuatan 6,1 skala richter yang menewaskan sekitar 1.500 orang hingga saat ini.

Rencana pengiriman bantuan tambahan disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada konferensi pers Jumat (24/6) waktu setempat.

"Selain bantuan sebelumnya, China akan mengirimkan sejumlah tambahan bantuan kemanusiaan darurat ke Afghanistan sebagai upaya bantuan gempa. China meningkatkan upaya untuk menyiapkan uang tunai, tenda, selimut, dan pasokan lainnya melalui pemerintah daerah, Palang Merah China, perusahaan, dan saluran lain untuk mengirim mereka ke daerah yang dilanda bencana di Afghanistan sesegera mungkin," kata Wang, seperti dikutip dari Global Times, Sabtu (25/6).

"Bantuan pangan yang dijanjikan China telah tiba di Afghanistan dan didistribusikan dengan cepat, dan China juga siap memperkuat kerja sama dengan Afghanistan dalam pencegahan dan pengurangan bencana, terutama pemantauan dan prakiraan bencana," lanjut Wang.

Selain China, negara-negara seperti Pakistan, Iran dan Turki telah menjanjikan bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang terkena dampak gempa.

"Kami percaya bahwa dengan upaya bersama dari pemerintah sementara Afghanistan dan semua sektor masyarakat dan bantuan masyarakat internasional, orang-orang di daerah yang dilanda gempa akan mengatasi kesulitan dan kembali ke kehidupan normal dan bekerja lebih awal," kata Wang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA