Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Setelah Pertempuran Berdarah, Rusia Kuasai Penuh Kota Sievierodonetsk

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 Juni 2022, 08:58 WIB
Setelah Pertempuran Berdarah, Rusia Kuasai Penuh Kota Sievierodonetsk
Rusia mengklaim telah menguasai penuh Kota Sievierodonetsk di Ukraina bagian timur/Net
Militer Rusia mengklaim sudah sepenuhnya menduduki Kota Sievierodonetsk di Ukraina timur setelah berpekan-pekan melakukan pertempuran berdarah.

Hal itu juga dibenarkan oleh pihak Ukraina, dengan menyebut pihaknya melakukan "penarikan taktis" untuk bertempur dari tempat yang lebih tinggi Lysychansk, tepi seberang sungai Siverskyi, Donetsk.

Sementara itu, separatis pro-Rusia mengatakan pasukan Moskow sekarang menyerang Lysychansk.

"Kota ini sekarang berada di bawah pendudukan penuh Rusia. Mereka mencoba membangun tatanan mereka sendiri," kata Walikota Sievierodonetsk, Oleksandr Stryuk, seperti dimuat Reuters.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukan Rusia telah membentuk kendali penuh atas Sievierodonetsk dan kota terdekatnya, Borivske.

Dalam pidatonya, Presiden Volodymyr Zelenskiy bersumpah bahwa Ukraina akan memenangkan kembali kota-kota yang direbut.

"Kami tidak tahu berapa lama itu akan berlangsung, berapa banyak lagi pukulan, kerugian, dan upaya yang diperlukan sebelum kita melihat kemenangan di cakrawala," tegasnya.

Sievierodonetsk merupakan wilayah yang pernah menjadi rumah bagi lebih dari 100 ribu orang, tetapi sekarang menjadi gurun. Kota ini menjadi kemenangan terbesar Rusia sejak merebut pelabuhan Mariupol bulan lalu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA