Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lawat Ukraina dan Rusia, Jokowi Serahkan Pemerintahan ke Maruf Amin

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 Juni 2022, 10:56 WIB
Lawat Ukraina dan Rusia, Jokowi Serahkan Pemerintahan ke Maruf Amin
Presiden Joko Widodo memulai kunjungan ke empat negara, yaitu Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab pada Minggu, 26 Juni 2022/Repro
Presiden Joko Widodo telah memulai serangkaian kunjungan luar negerinya ke empat negara, termasuk Ukraina dan Rusia, selama sepekan ke depan.

Jokowi bersama rombongan terbatasnya telah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Minggu pagi (26/6). Tujuan pertama dari kunjungan tersebut adalah Jerman, di mana Jokowi akan menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra, sekaligus Presiden G20.

Setelah menghadiri KTT G7 di Jerman, Jokowi akan berangkat ke Ukraina dan Rusia untuk menemui Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.

Kunjungan ke dua negara yang tengah berperang itu tidak lain dilakukan Jokowi untuk mengupayakan dibukanya ruang dialog dan gencatan senjata.

"Karena perang memang harus dihentikan, dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," tegas Jokowi dalam konferensi pers sebelum keberangkatannya.

Tur luar negeri Jokowi sendiri akan diakhiri dengan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk melanjutkan pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi.

"Kunjungan ini bukan hanya penting bagi Indonesia, tapi juga penting bagi negara negara berkembang untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan," jelasnya.

Sementara Jokowi melakukan kunjungan ke luar negeri, ia mengatakan pemerintahan akan dipimpin oleh Wakil Presiden Maruf Amin.

"Dan selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA