Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

China dan Kamboja Buka Jalur Sutra Khusus e-Commerce

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 Juni 2022, 12:39 WIB
China dan Kamboja Buka Jalur Sutra Khusus e-Commerce
Ilustrasi/Net
China dan Kamboja meningkatkan hubungan perdagangan dan investasinya dengan membuka "Silk Road E-Commerce" atau jalur sutra e-commerce.

Jalur yang berada di Provinsi Jiangsu itu dibuka pada Jumat (24/6) oleh Wakil Perdana Menteri Kamboja, Hor Namhong. Pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jiangsu Fei Gaoyun dan Duta Besar China untuk Kamboja Wang Wentian.

Hor Namhong mengatakan Kamboja dan China menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama e-commerce pada November 2017 untuk membantu mempromosikan bisnis kerjasama di bawah Belt and Road Initiatives (BRI).

"Silk Road E-Commerce telah ditandai sebagai peluang kerja sama baru bagi usaha kecil dan menengah Kamboja untuk mengekspor produk pertanian berkualitas tinggi Kamboja ke pasar China," ujar Hor Namhong, seperti dimuat The Star.

Ia mengatakan pemerintah Kamboja, khususnya kementerian perdagangan, telah menganggap e-commerce sebagai kekuatan pendorong baru untuk pengembangan perdagangan dan pertumbuhan ekonomi.

Dibukanya jalur sutra tersebut juga memperkuat hubungan Kamboja dan China. Terlebih keduanya memiliki Perjanjian Perdagangan Bebas Kamboja-China dan pakta perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), yang keduanya mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

Silk Road E-commerce sendiri dijalankan di sistem JD.com, dan Jiangsu Taihu (Kamboja) International Economic Cooperation Zone Investment yang merupakan operator dari Zona Ekonomi Khusus Sihanoukville (SSEZ), kawasan industri terbesar di Kamboja.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA