Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Berdokumen, Ratusan Pengungsi Afghanistan Dideportasi oleh Turki

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 Juni 2022, 13:49 WIB
Tak Berdokumen, Ratusan Pengungsi Afghanistan Dideportasi oleh Turki
Pengungsi Afghanistan/Net
Sebanyak 136 pengungsi Afghanistan yang tidak memiliki dokumen telah dideportasi oleh Turki dengan pesawat charter pada Jumat (24/6).

Menurut laporan Khaama Press, sebanyak 272 pengungsi dari Afghanistan tiba di Kocaeli dengan cara yang ilegal, termasuk tidak memiliki dokumen. Sebanyak 136 di antaranya kemudian dikirim kembali ke Afghanistan.

Menurut pihak berwenang Turki, 136 warga Afghanistan lainnya akan dikirim kembali ke tanah Afghanistan pada Sabtu (25/6).

Sejak Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan, beberapa warga telah melintasi perbatasan untuk menghindari kekejaman Taliban.

Menurut Anadolu Agency, lebih dari 37 ribu pengungsi tidak berdokumen telah dideportasi kembali ke negara asal mereka sejak awal tahun ini, meningkat 89 persen dari tahun sebelumnya.

Namun, hukum pengungsi internasional dengan jelas menyatakan bahwa mendeportasi pemohon suaka tanpa terlebih dahulu mendengar dan memutuskan kasus mereka adalah melanggar hukum.

Mengutip sumber, Khaama Press melaporkan bahwa lebih dari 20 ribu orang yang dideportasi berasal dari Afghanistan.

Menurut statistik resmi, Turki adalah rumah bagi 4 juta pengungsi, termasuk 3,6 juta warga Suriah.

Sementara lebih dari 653 ribu pengungsi Afghanistan telah dideportasi ke Afghanistan, terutama dari negara-negara tetangga sejak Agustus 2021.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA